Munculnya Desa Siluman Lantaran Indonesia Itu Negara Luas

TANGKASNews – ” Munculnya kasus Desa Siluman¬† itu lantaran negara Indonesia yang luas, terdiri atas 514 kabupaten dan kota. Total ada sekitar 74.800 desa di Tanah Air.
Sehingga,¬† pengelolaan desa sebanyak itu memang tidak mudah. Bisa saja terjadi karena dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote, sebuah pengelolaan yang tidak mudah.”

Demikian yang dijelaskan Presiden Jokowi dalam sebuah gelar acara di Jakarta International Expo, kemarin Rabu (6/11).

Kepala Negara menyatakan Pemerintah mengejar dan mendalami laporan adanya desa tak berpenduduk, namun mendapat kucuran dana desa sebesar Rp 1 miliar.

“Tetap kita kejar agar yang namanya desa-desa tadi, yang diperkirakan atau diduga itu fiktif ketemu, ketangkap,”ucapnya.

Mencuatnya kasus Desa Siluman ini disampaikan pertama kali oleh Menteri Keuangan ,Sri Mulyani pasca pembentukan Kabinet Indonesia Maju.

“Kami mendengarnya sesudah pembentukan kabinet dan nanti akan kami investigasi,” ujar Menkeu di Gedung Parlemen Senayan Jakarta.

Pemerintah, sambungnya, melakukan investigasi mengenai adanyan laporan desa tak berpenduduk, namun mendapat kucuran dana desa sebesar Rp 1 miliar.

Desa Siluman ini bisa muncul, Sri Mulyani menuturkan bahwa supaya bisa mendapat bagian dan memanfaatkan dana desa.

“Ini bisa muncul sejalan tugas ajek pemerintah yang hanya menyalurkan dana desa ke kepada desa tanpa peninjauan lebih ketat,” pungkasnya.

Red
Editor : Intan