Menkop Puspayoga : Kerjasama BPS Guna Validasi Koperasi dan UMKM Berkualitas

TANGKASNEWS¬† – “Kita harus memanfaatkan data BPS ini, karena Kemenkop dan UKM harus memiliki data yang valid. Misalnya, data tentang Koperasi Unit Desa (KUD) di Indonesia, kita butuh data yang valid berapa yang sehat, yang tidak sehat. Kita juga butuh data berapa banyak koperasi serba usaha, koperasi produksi, dan sebagainya,”

Demikian yang disampaikan Menteri Koperasi dan UKM, AAGN Puspayoga pekan lalu saat melakukan penandatanganan MoU dengan Kepala  Badan Pusat Statistik (BPS), Suharyanto.

Menurut Mantan Wagub Bali ini, target dan capaian yang diharapkan melalui kerjasama dengan BPS ini adalah pembaharuan dan validasi data koperasi dan UMKM akan semakin berkualitas dengan mengedepankan kaidah pendataan yang telah baik.

Untuk itu Kemenkop UKM, imbuhnya, meminta seluruh jajarannya agar segera menindaklanjuti MoU tersebut masuk ke tahap implementasi teknis.”Saya akan pantau terus dari tindak lanjut MoU ini hingga ke level teknis,” ucapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Suharyanto mengatakan Kemenkop dan UKM bisa memanfaatkan data Sensus Ekonomi 2016 semaksimal mungkin dalam menyusun kebijakan publik.”Saya berharap, MoU ini akan membawa manfaat bagi kedua belah pihak. Data BPS juga diharapkan bisa dimanfaatkan oleh seluruh stakeholder, termasuk Kemenkop dan UKM. Bahkan, data statistik sektoral bisa ditata secara bersama. Apalagi, kita memiliki pusat layanan statistik terpadu,” tutupnya.

RED
EDITOR : INTAN