Menkeu : Utang Indonesia Paling Rendah Ketimbang Negara Lain

TANGKASNews – Menteri Keuangan , Sri Mulyani mengatakan jumlah rasio utang Indonesia saat ini sebesar 27% dari Gross Domestic Product (GDP) yang sekitar Rp 13.000 triliun, maka setiap masyarakat di Indonesia memiliki utang sebesar US$ 997 per kepala (Rp 13 juta).

 

Menurutnya, Indonesia masih mengalami defisit dalam beberapa tahun terakhir. Penerimaan negara yang sebesar Rp 1.750 triliun jauh lebih kecil ketimbang belanja pemerintah yang sebesar Rp 2.020 triliun.

 

“Kalau kita lihat, Rasio utang kita memang cukup tinggi, tapi tidak tinggi-tinggi amat dibandingkan dengan negara lain, kalau dihitung itu dari hampir 260 juta penduduk, kira-kira utang kita US$ 997 AS per kepala,” ¬†tuturnya di Jakarta.

 

Kendati demikian, Sri Mulyani menyatakan utang Indonesia masih tergolong paling rendah ketimbang dengan negara laiannya. “Kalau anda jadi orang Amerika Serikat, di sana setiap kepala menanggung utang US$ 62.000. Sedangkan kalau di Jepang sebesar US $85.000 per kepala,” jelasnya.

 

Hingga saat ini, tegasnya, pemerintah terus mengupayakan untuk menekan utang negara yang besar melalui penerimaan pajak.

 

“Di Jepang itu US$ 85.000 per kepala dan jangan lupa kalau Jepang itu adalah populasinya yang aging, orangnya yang sepuh, sudah tua, jadi untuk mereka masih punya utang US$ 85.000 per kepala tapi hidupnya tinggal beberapa tahap ke depan,”paparnya.

 

Red

Editor : Intan