Megawati : Indonesia Siap Bantu Wujudkan Persatuan Dua Korea

TANGKASNEWS – Sebelumnya, Presiden Korea Selatan,Moon Jae-in   menggelar pertemuan dengan Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri di Blue House , Senin (29/5).

Dalam pertemuan tersebut, Moon Jae-in meminta kepada Presiden Kelima RI ini untuk menjadi menjembatani reunifikasi dua Korea tidak lepas dari sejarah kedekatan keluarga Soekarno dengan pemimpin Korea Utara. Sehingga keluarga Soekarno dipandang mampu menjadi penengah bagi Korea Selatan dan Korea Utara dalam upaya reunifikasi.

Kita ketahui, dulu hubungan Presiden RI pertama Soekarno dengan pemimpin Korea Utara pertama Kim Il-sung sangat baik. Dimana Kim Il-sung pernah diundang Soekarno ke Jakarta. Dalam lawatannya di Jakarta itu Soekarno memberikan anggrek tanda persahabatan kedua negara kepada Kim Il-sung yang kemudian dikenal dengan “Diplomasi Anggrek”.

Menanggapi permintaan ini, Megawati mengatakan pihaknya yang hadir bukan atas nama pribadi melainkan atas nama Indonesia belum dapat menyampaikan upaya apa yang akan dilakukan dalam hal reunifikasi dua korea tersebut.

Kendati demikian, Megawati menegaskan bahwa Indonesia akan siap membantu terwujudnya persatuan dua Korea.”Rupanya maksud mengundang saya kembali, untuk kemungkinan kalau bisa ikut membantu diadakannya hubungan Korea Utara dengan Korea Selatan kembali (reunifikasi),” ucap Putri Presiden Ri Pertama, Ir Soekarno ini.

RED
EDITOR: INTAN