Megawati Ajak Seluruh Dunia Terapkan Semangat Pancasila

TANGKASNEWS – Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri International Convention Center Jeju, Korea Selatan merayakan peringatan Hari Lahirnya Pancasila pada Kamis (1/6) dalam forum tahunan “The Jeju Forum for Peace and Prosperity.”

Dalam sambutannya, Presiden Kelima RI menyampaikan melalui pidato Presiden Soekarno 1 Juni 1945, Pancasila pertama kali lahir. Dalam gagasan Soekarno, Pancasila berarti lima prinsipal yang menjadi dasar Republik Indonesia.

“Pancasila adalah pemandu secara spiritual, politik, ekonomi dan lain-lain. Pancasila dapat diimplementasikan secara internasional untuk mencari solusi kehidupan bersama,” tutur Megawati dihadapan 70 perwakilan negara.

Kelima dasar tersebut, menurut Megawati, pertama adalah percaya kepada Tuhan. Percaya kepada Tuhan dapat dilakukan dengan saling menghormati satu sama lain.

Kedua, imbuhnya, kemanusiaan yang berkeadilan. Melalui prinsip kedua ini Indonesia berkomitmen terhadap keadilan dan kesejahteraan tidak hanya untuk rakyat Indonesia namun juga untuk negara lain.

Ketiga adalah Persatuan Indonesia. Menurut Megawati, dasar ketiga ini dapat diinterpretasikan secara internasional, di mana seluruh negara di dunia harus bersatu menciptakan perdamaian.

Sedangkan keempat, tuturnya, diskusi dan demokrasi mufakat. “Dalam konteks ini demokrasi bukan monopoli namun milik rakyat seutuhnya,” ucapnya.

Terakhir, tegasnya adalah Keadilan Sosial. Megawat mengutarakan Keadilan sosial ini berkaitan dengan kesejahteraan sosial.

Untuk itu, Megawati mengajak seluruh dunia khususnya di Asia untuk dapat menerapkan semangat yang terkandung dalam Pancasila.

Tampak hadir dalam acara tersebut, Al Gore, Anibal Cavaco Silva, dan Punsalmaagin Ochirbat, sejumlah tokoh juga hadir dalam forum itu seperti para mantan Menteri Luar Negeri yakni Marty Natalegawa (Indonesia), George Yeo (Singapura), Gareth Evans (Australia), dan Nyamosor Tuya (Mongolia).

RED
EDITOR: INTAN