Matahari Mall Raja Situs E-Commerce di Indonesia

 

TANGKAS  – Tren kemunculan perusahaan startup belakangan ini terus berlanjut, seiring dengan makin maraknya penggunaan Internet dan aplikasi digital. Sejumlah e-commerce yang didirikan oleh startup mulai dilirik para investor.

Lazada menjadi salah satu contoh sukses perusahaan startup di Asia Tenggara. Situs e-commerce milik Rocket Internet asal Singapura ini berhasil meraup modal hingga USD686 juta atau sekira Rp9 triliun.

Di Asia Tenggara, Lazada bersaing dengan startup asal Indonesia, developer Matahari Mall, yang berhasil meraup nilai investasi hingga USD500 juta atau sekira Rp6 triliun.

Matahari Mall menjadi startup Indonesia yang paling banyak dilirik investor. Laman TechinAsia bahkan menyebut Matahari Mall mirip dengan e-commerce China yang terus melejit, Alibaba.

Selain Matahari Mall, masih banyak startup Indonesia yang berhasil meraih nilai investasi dengan nominal mencengangkan. Dikutip dari TechinAsia, Kamis, 5 Oktober, inilah lima startup Indonesia dengan nilai investasi terbesar.

Matahari Mall (Rp6 triliun)

Startup situs e-commerce ini didanai investor dari Lippo Group. Matahari Mall menjadi situs yang berambisi merajai e-commerce di Indonesia. Situs ini menjadi kompetitor langsung dari e-commerce Lazada.

Laman penjualan online memang belakangan cukup ngetren. Maka tak heran jika pendanaan e-commerce menjadi salah satu incaran utama investor.

Tokopedia (Rp1,2 triliun)

Menguntit Matahari Mall, situs e-commerce lain, Tokopedia juga mendapat pendanan yang cukup besar. Situs ini mampu menarik dana dari investor hingga USD100 juta atau sekira Rp1,2 triliun.

Investor situs ini adalah Cyberagent Ventures, Softbank Internet and Media dan Sequoia Capital.

Tokopedia adalah laman yang mengumpulkan consumer to consumer dengan membukan toko online gratis. Tokopedia mengklaim saat ini ada 4,9 juta pengguna aktif dengan lima juta kali transaksi per bulan.

Elevenia (Rp776 miliar)

Di tempat ketiga ada startup toko online lain, Elevenia. Startup ini didanai dua perusahaan Korea Selatan, SK Planet dan XL Axiata, dengan nilai investasi hingga USD60 juta atau sekira Rp776 miliar.

Elevenia menjadi salah satu e-commerce paling diperhitungkan di Indonesia. Laman Elevenia.co.id bahkan menembus peringkat 54 untuk situs terpopuler di Indonesia versi laman analisis Alexa.com.

Mobil123.com (Rp84 miliar)

Startup selanjutnya yang mendapatkan pendanaan terbesar adalah Mobil123.com. Laman ini meraih investasi hingga USD6,5 juta atau sekira Rp84 miliar. Laman ini menjadi salah satu yang terpopuler di kalangan penjual dan pembeli mobil di Indonesia.

Berrybenka (Rp64,5 miliar)

Berrybenka adalah toko online yang menyediakan pakaian dan perangkat fashion lainnya. Laman ini cukup terkenal di kalangan fashionista. Berrybenka didanai East Ventura, Gree Ventura, dan Transcosmos dengan nilai investasi hingga USD5 juta atau Rp64,5 miliar.

Tony

EDITOR : DD BIN