Masyarakat Bali Sudah Tidak Takut Akan Letusan Gunung Agung

TANGKASNews – Masyarakat Bali kini menyatakan tidaknakan pernah takut dengan adanya erupsi Gunung Agung.

 

Hal ini terbukti pada Minggu (24/12), Gunung Agung kembali menunjukan aktivitas vulkaniknya dengan suara demtuman keras hingga terdengar berjarak ratusan kilometer dan menyemburkan abu vulkanik setinggi 2500 meter dari puncak kawah .

 

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, mengutarakan masyarakat Bali kini telah teredukasi atas erupsi Gunung Agung .

 

“Aktivitas masyarakat di Bali normal. Justru banyak masyarakat di sekitar Bali menikmati erupsi. Tidak ada kepanikan di masyarakat,” ujar Sutopo dalam keterangam tertulisnya di hari minggu.

 

“Adanya Pasebaya Gunung Agung yang didukung jaringan radio komunikasi melingkari Gunung Agung menyebabkan informasi dapat cepat dan akurat sampai kepada masyarakat,”  tambah Sutopo.

 

BNPB, tuturnya, menilai masyarakat Bali kini telah jeli dengan adanya isu Hoax yang marak menyebar atas erupsi Gunung Agung

 

Sutopo mengatakan masyarakat Bali kini hanya berpatokan dengan acuan PVMBG, sehingga aktivitas di Bali berjalan normal.

 

Selain itu, Sutopo menyampaikan jumlah wisatawan yang berkunjung ke Bali jelang perayaan Tahun Baru semakin meningkat , walaupun aktivitas vulkanik Gunung tertinggi di Bali ini tengah berlangsung menanti letusan dahsyatnya.  “Saat ini jumlah wisatawan baik, domestik dan mancanegara terus meningkat. Ikuti semua perkembangan terkini Gunung Agung dari Magma PVMBG. Tanyakan kepada Posko Utama BPBD dan Pos Pendampingan Nasional BNPB terkait Gunung Agung,” tutupnya.

 

Red

Editor :  Intan