Kunjungi Iran, Presiden Jokowi Perkuat Kerjasama Minyak dan Gas

TANGKAS – Mengakhiri kunjungannya di New Delhi India, Presiden Jokowidodo bersama Ibu Negara Iriana Jokowi melanjutkan kunjungannya ke negara Iran, Selasa (13/12) Sore.

Dalam kunjungan kerjanya, Presiden Jokowidodo akan melakukan penguatan kerjasama hubungan bilateral dengan negara Iran. Dimana menurutnya, Iran merupakan salah satu negara yang memiliki cadangan energi yang cukup tinggi.

Selain itu, Presiden Jokowi menilai Iran mempunyai diversifikasi mitra kerja sama energi dan sangat penting dalam mendukung ketahanan energi nasional.

Ditempat yang sama, Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi mengatakan kunjungan kenegaraan Presiden RI ke Iran akan dimanfaatkan untuk meningkatkan kerja sama di bidang minyak dan gas, termasuk kerja sama pengelolaan ladang minyak di Iran dan investasi kilang minyak di Indonesia.

“Kerja sama ekonomi dengan Iran menjadi lebih terbuka dengan telah disepakatinya Joint Comprehensive Plan of Action (JCPOA),” terangnya.

Selain itu, Retno mengutarkan bahwa kunjungan kenegaraan juga akan digunakan untuk memperkuat kerja sama dalam konteks IORA, mengingat India dan Iran merupakan dua negara anggota IORA.

RED
EDITOR : INTAN