KPK : Hari ini, Setnov Resmi Huni Rutan Sukamiskin Bandung

TANGKASNews – Siang ini, Jumat (4/5) tersangka Korupsi proyek E KTP , Setya Novanto alias Setnov resmi dipindahkan ke Rumah Tahanan ( Rutan) Sukamiskin Bandung, Jawa Barat.

 

“Jumat siang ini direncanakan akan dilakukan proses eksekusi terhadap Setya Novanto ke Lapas Sukamiskin,” ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah di Jakarta pada hari ini.

 

Seperti diketahui dalam kasus mega korupsi E KTP ini, mantan Ketua DPR ini telah dijatuhi hukuman 15 tahun penjara, dan denda Rp500 juta subsider tiga bulan kurungan kepadanya.

 

Selain itu dalam putusannya, hakim juga mewajibkan Setnov membayar uang pengganti 7,3 juta dolar AS dikurangi dengan uang yang sudah dikembalikan sebesar Rp5 miliar subsider dua tahun kurungan, serta mencabut hak politik Setnov selama lima tahun setelah selesai menjalani masa pemindaan.

 

“Pihak Setya Novanto telah membayarkan denda Rp500 juta dan biaya perkara Rp7.500. Sedangkan untuk pembayaran uang pengganti belum dilakukan selain uang titipan Rp5 miliar sebelumnya. Namun, pihak Setya Novanto telah menyerahkan surat kesanggupan membayar,” ┬ápapar Febri.

 

KPK, tegasnya, menyatakan kasus korupsi E KTP ini adalah contoh kasus korupsi yang lahir dari persekongkolan sempurna antara aktor politik di legislator dengan aparat dalam birokrasi dan swasta, yang melakukan pengaturan sejak awal proses anggaran, pengadaan hingga pelaksanaan proyek.

 

Red

Editor : Intan