Konser Supersemar, Nissan Fortz Luncurkan Album Kedua “Tarik Menarik”

TANGKASNews – Mengawali karier musiknya di akhir tahun 90-an dengan berbekal basic music Klasik, Nissan Fortz mulai memperluas wawasan musiknya sambil menjalankan karirnya sebagai musisi dengan ikut berkecimpung di komunitas-komunitas musik Kota Bandung seperti komunitas Jazz, Country dan Blues.

 

Di awal 2018, Nissan Fortz meluncurkan album solo keduanya yang bertajuk ” Tarik Menarik ” dengan dukungan beberapa kawan, Adisty Zulkarnaen (Drum), Charly Septiana (Gitar) dan Rizal Zachri (Keyboard) dengan Entitasnya sendiri diberi label “Nissan Fortz and the James band”.

 

Di Album kedua ini, Nissan Fortz menawarkan nuansa musik blues dengan mengandung makna sangat mendalam yakni sebuah garis vertikal atau horisontal, dimana masing-masing garis tersebut mempunyai sebuah energi, emosi dan kekuatan tersendiri dalam ranah yang berhubungan.

 

“Seperti halnya, antara manusia dengan Tuhan, manusia dengan manusia (dengan pemikirannya), manusia dengan alam bahkan manusia dengan hatinya sendiri dan manusia dengan semua yang diciptakan-Nya di bumi ini. Tarik Menarik tidak selalu sama ataupun beriringan dan sebuah perbedaan menjadi penegasnya. Akan tetapi selalu berdampingan,”  papar Nissan dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi , Jumat (8/3) sore.

 

Musikus asal bandung ini menambahkan bahwa didalam album ” Tarik Menarik ” ini, selain nuansa blues , dirinya juga tidak meninggalkan ciri khas dengan menghadirkan khas musik era 70 an dan 90 an (unpluuged) yanv sangat kental.

 

“Saya coba mengembangkan musik blues yang saya geluti dengan menggunakan lirik Bahasa Indonesia entah itu berbaur dengan musik popular, folk, country ataupun sejenisnya. Mungkin album ini terdengar sederhana. Tetapi kesederhanaan itu menghasilkan sebuah komposisi yang sangat unik. Saya tidak membutuhkan banyak aksen bahkan sentuhan lembut sekalipun. Tetapi pada saat itu perasaannya tersampaikan dan itu yang saya ambil dan cari,” jelasnya.

 

Bersama James Bond, Nissan Forts mengatakan album Tarik Menarik ini juga dibantu dengan beberapa kolabolator diantaranya adalah Nathania Jualim, Muhammad Gunawan “Gugun Blues Shelter”, Emmy Tobing dan Klaudia Ida. Nathania Jualim terlibat di lagu “Tarik Menarik”, Muhammad Gunawan “Ini Indonesia” dan  Emmy Tobing bersama Klaudia Ida menyumbang kemahirannya di lagu “Mati Rasa”.

 

Dalam keterangannya, Nissan menjelaskan album solo kedua ini digarap di Escape Studios (Bandung) dengan metode rekam langsung (live recording, red). Sedangkan untuk hasil akhir audionya atau mixing / mastering, “Tarik Menarik” mendapat polesan engineer handal Tabriz Muhajier Effendy, yang mana dalam hal ini juga bertindak sebagai Produser bersama Nissan Fortz.

 

Peluncuran album solo kedua ini , terangnya, akan dilaksanakan dalam gelar Konser musik yang bertajuk Supersemar  di Paviliun 28, Jakarta pada 11 Maret 2018. Diluar itu, imbuhnya , juga akan melaksanakan tour ke kota-kota yang belum pernah di singgahi saat tour album pertama dengan membawa 3 tamu musisi yang ada di album ini.

 

Mengakhiri penjelasannya,Nissan mengatakan album “Tarik Menarik” akan resmi tersedia dan dapat diunduh dipelbagai kanal digital musik seperti iTunes, Deezer, Spotify dan lain-lain serta tersedia juga dalam format Nada Sambung Pribadi (NSP) untuk semua layanan provider. “Usai konser “SUPERSEMAR” berlangsung, sedang untuk rilis fisiknya baru akan tersedia satu bulan kemudian,” tutupnya.

 

Red

Editor : Intan