Kongres PII, Airlangga : Insinyur Indonesia Adalah Orang Yang Kreatif dan Innovatif

TANGKASNews – “Para insinyur adalah orang-orang yang kreatif dan inovatif, serta terbiasa menyelesaikan masalah. Jadi, insinyur harus bisa menemukan peluang dan melahirkan inovasi di era digital saat ini.”

 

Demikian yang disampaikan Menteri Perindustrian,Airlangga Hartarto dalam acara Open Ceremony Kongres PII XXI di kota Padang, Sumbar pada Kamis (6/12).

 

Insinyur Indonesia, sambungnya, berperan penting dalam menyukseskan penerapan revolusi industri 4.0 di Indonesia melalui penguasaan teknologi terkini. Hal ini mendorong penciptaan inovasi sehingga sektor manufaktur nasional mampu berdaya saing global.

 

Airlangga dalam sambutannya menjelaskan ada 5 teknologi utama dalam implementasi Industri 4.0 yakni  Artificial Intelligence (AI), Internet of Things (IoT), Wearable (AR/VR), Advanced Robotics, dan 3D Printing. Untuk itu, Airlangga berharap para insinyur terus memberikan kontribusi signifikan dalam membangun Indonesia, khususnya terhadap pengembangan industrialisasi.

 

Apalagi kami sedang mengembalikan sektor manufaktur menjadi arus utama guna menggerakkan perekonomian nasional,” pungkasnya.

 

Sedangkan Ketua Panitia penyelenggara Kongres PII XXI , Ir Made Dana Tangkas mengungkapkan sebanyak 14 ribu anggota yang terdaftar dan terverivikasi dalam wadah PII mempunyai peran sangat penting menbantu penerapan Teknologi Cerdas (Smart Teknologi) termasuk Industri 4.0 didalam proses Industrialisasi di Indonesia.

 

Sehingga Calon Wakil Ketua Umum PII (2018-2021) mengatakan Penerapan Teknologi Cerdas ini harus dilakukan oleh SDM Keinsinyuran yang profesionalisme sehingga dapat tercapainya suatu profit dan target yang diinginkan. ” Penerapan Teknologi Cerdas yang dilaksnakan para Insinyur Indonesia jni akan selalu mendatangkan cost & benefit analysis atau besaran investasi harus diperhitungkan dg return/profit yg didapat (ROI),” tegasnya.

 

Lebih lanjut, Ketua Umum PII Dr.Ir.A.Hermanto Dardak, MSc. IPU dalam pidatonya mengatakan PII berharap Insinyur yang tergabung didalamnya harus profesional, integrity, Trust dan Performance. ” Dari 30 ribu anggota kita harapkan merupakan Insinyur yang profesional dengan mempunyai Integrity, trust dan performance yang menjadi profil dari Insinyur Indonesia,” ¬†tegasnya.

 

Kongres PII ke XXI ini mengangkat tema Meningkatkan Profesionalisme SDM Keinsinyuran dan Penerapan Teknologi Cerdas . Dimana gelar Open Ceremony Kongres PII ini dibuka langsung oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla.

 

Red

Editor : Intan