Keterlibatan TNI Dalam UU Terorisme Guna Memperbesar Kekuatan Bangsa

TANGKASNEWS – Sebelumnya, Ketua DPR RI, Setya Novanto menyatakan akan melibatkan TNI dalam UU Terorisme.

Keterlibatan TNI dalam UU Terorisme menjadi dasar memperbesar kekuatan bangsa dalam mencegah dan memberantas aksi terorisme di tanah air.

” Ini merupakan momentum dan menjadi dasar kebersamaan antara TNI – Polri sebagai aparatur negara dalam membasmi terorisme di Indonesia,” ujar Politisi PDIP, Iwan Siswo dalam keterangan tertulisnya pada Selasa (6/6).

Iwan menambahkan dengan bersatunya dua kekuatan antara TNI dan Polri juga dapat mencegah adanya ancaman pihak luar untuk meruntuhkan persatuan dan kesatuan NKRI.

Untuk itu RUU Terorisme yang tengah dibahas pihak DPR dan pemerintah sudah sepatutnya TNI dilibatkan. “PDIP mendorong masuknya TNI dalam pembahasan Revisi UU Terorisme tersebut,” ungkapnya.

Kendati demikian, Iwan menekankan UU Terorisme yang dihasilkan harus dibuat secara rinci dan tegas, guna menghindari terjadinya miss komunikasi atau multi tafsir antar pihak.

Selain itu UU Terorisme, tegasnya, harus dapat menjangkau penegakan hukum dan ancaman terhadap gangguan keamanan, kepentingan negara terkait bahaya terorisme sehingga dapat dijadikan senjata untuk mempertahankan kedaulatan bangsa.

RED
EDITOR: INTAN