Kendaraan Pedesaan Tampil Perdana di Bali Industri Expo 2017

TANGKAS – Setahun berdirinya Institut Otomotif Indonesia (IOI) sebagai lembaga thinker Pemerintah dibawah naungan Kementerian Perindustrian telah menggelar event besar di sektor industri kreatif, IKM dan UKM pada Akhir 2016 lalu.

Di Awal Maret 2017, IOI kembali menggelar pameran akbar Industri yang bertajuk “Expo Industri Kreatif, Mobil dan Motor Seni Bali 2017,” di Gedung Bali Industri Creative Centre (BCIC), Tohpati Denpasar Bali.

Pameran yang akan berlangsung 7 – 12 Maret 2017 ini mengusung tema Membangun Industri Kreatif Mobil & Motor Indonesia yang berdaya saing menuju pasar ASEAN dan perdagangan global.

Presiden IOI, Made Dana Tangkas dalam keterangan tertulisnya pada Selasa (21/2) malam menyampaikan bahwa dalam event kali ini akan ditampilkan secara perdana Desain Prototype Kendaraan Pedesaan Indonesia.

Selain itu, Made Dana Tangkas mengatakan bahwa dalam event industri kali ini akan diumumkan lima pemenang Lomba Desain Prototype Kendaraan Pedesaan dari peserta yang berasal dari beberapa perguruan tinggi se Indonesia.

” Lomba Kendaraan Pedesaan ini sudah kami mulai sejak awal desember 2016 lalu,” ujarnya.

IOI, imbuhnya, dalam pelaksanaan “Lomba Kendaraan Pedesaan” ini bekerja sama dengan Kementerian Perindustrian dan beberapa perguruan tinggi.

Made Dana Tangkas memaparkan dalam Expo Industri Kreatif Bali 2017 ini akan dihadirkan beraneka ragam acara dan kegiatan, diantaranya, Seminar Internasional, Bussines Matching, Sertifikasi, Seminar, Audio Car Contes, Bengkel Otomotif Kreatif, Lomba Foto grapher, hiburan dan games.

Kegiatan Utama Dalam Expo Industri Kreatif Bali 2017, tegasnya,  adalah tentang puncak Lomba Desain Prototype Kendaraan Pedesaan Indonesia.

Made Dana Tangkas menegaskan Kendaraan pedesaan merupakan salah satu upaya sinergi pemerintah dan stakeholder lainnya dengan mengusung sistem ABGC (Academy, Bussines, Government and Community) dalam melakukan kerjasama dan berkolaborasi memenuhi kebutuhan pasar otomotif khususnya di wilayah pedesaan.

Hal senada disampaikan oleh Sekjen IOI, Yanuarto Widihandono mengatkan bahwa pihaknya bersama panitia lainnya akan melakukan penjurian atas nominator peserta lomba Desain Kendaraan Pedesaan Indonesia di Bali.

“Mereka kami undang ke Bali pada ajang Expo, untuk memberikan presentasi dengan mock up kendaraan hasil desain mereka, bagaimana fitur, fungsinya seperti apa,” paparnya.

Pria dengan sapaan akrab Yanuar ini menjelaskan bahwa Kelima karya terbaik mahasiswa Indonesia ini, dinilai para juri yang berkompeten di bidang otomotif.

Yanuar mengutarakan bahwa tujuan Lomba Desain Prototype ini adalah mencari rancangan kendaraan pedesaan paling unggul guna dihadirkan kepada pemerintah sebagai hadiah HUT Ke 72 pada 17 Agustus 2017 mendatang.

RED
EDITOR : INTAN