Kemenperin dan IOI Gelar Lomba Desain Prototype Kendaraan Pedesaan Indonesia

TANGKAS – Kendaraan Pedesaan Indonesia ini ditujukan untuk membangun SDM Industri lokal agar bisa memproduksi mobil di dalam negeri.

Dasar pemikiran dari produksi Kendaraan Pedesaan Indonesia adalah adanya banyak permintaan dari petani dan masyarakat desa dengan memunculkan desain dan model yang tidak bersinggungan dengan produk kendaraan yang telah beredar.

Demikian yang disampaikan Presiden Institut Otomotif Indonesia, Made Dana Tangkas dalam konfrensi pers di Gedung Kemenperin, Selasa (29/11) waktu lalu

Made Dana Tangkas berharap desain dan model yang lahir dari kendaraan pedesaan bersifat unik.

Oleh karena itu, tambah Made Dana Tangkas, IOI bersama Kementerian Perindustrian akan menggelar sebuah “Lomba Desain Prototype Kendaraan Pedesaan Indonesia”.

“Saya berharap melalui lomba ini,  Kendaraan Pedesaan Indonesia mempunyai model yang sangat unik di masing masing wilayah pedesaan,” ungkapnya.

“Konsep dari lomba desain ini menekankan dengan visi misi dari Kendaraan Pedesaan ini. Modelnya tidak ketinggalan jaman dan tidak meniru model yang telah ada, Desain disesuaikan dengan harga jual berkisar antara Rp 60 – 70 Juta, dan Desain mesin dan pengguna bahan bakar yang disesuaikan kondisi di pedesaan,” terangnya

Made Dana memaparkan bahwa Lomba Desain Prototype Kendaraan Pedeasaan ini akan dimulai pekan depan, Desember 2016 hingga Februari 2017 tahun depan.

“Lomba Desain Platform atau Prototype Kendaraan Pedesaan Indonesia terbuka secara umum untuk kalangan mahasiswa seluruh Perguruan Tinggi di Indonesia. Pelaksanaan Lomba Desain Prototype Kendaraan Pedesaan Indonesia ini akan mulai dibuka pada bulan Desember 2016 hingga Februari 2017 mendatang. Kemudian, bagi perguruan tinggi yang memenangkan Desain Prototype ini akan dipamerkan langsung dalam event pameran otomotif di Bali pada Februari 2017,” jelasnya.

Menutup keterangannya, Made Dana Tangkas menyampaikan harapannya agar melalui kerjasama IOI, Kemenperin, Pergurun Tinggi dan asosiasi otomotif lainnya Realisasi Kendaraan Pedesaan Indonesia ini dapat terwujud.

Sebelumnya, Sekjen Kemenperin, Syarif Hidayat memberikan apresiasi kepadaa IOI atas adanya ide kreatif pelaksanaan Lomba Desain Prototype Kendaraan Pedeasaan ini.

Sedangkan , Menteri Perindustian, Airlangga Hartarto telah menegaskan bahwa Kendaraan Pedesaan merupakan kendaraan multi guna yang digunakan di pedesaan untuk mengangkut hasil pertanian dan perkebunan serta disesuaikan dengan daerah geografi masing masing daerah.

RED
EDITOR : INTAN