Kemenkop UKM Pastikan Bunga KUR Turun 7 Persen di Tahun 2017

TANGKAS – Wacana yang disampaikan sebelumnya oleh Menteri Koperasi dan UKM, AAGN Puspayoga akan menurunkan bunga Kredit Usaha Rakyat (KUR) menjadi 7 persen di tahun 2017 bukanlah isapan jempol belaka.

Kemenkop UKM memastikan akan menurunkan Bunga KUR khusus pebisnis pemula atau pengusaha Start Up dari 9 persen menjadi 7 persen pada Tahun 2017 mendatang.

Hal ini ditegaskan kembali oleh Sekjen Kemenkop UKM, Agus Muharam  di Jakarta pada Rabu (30/11).

“Tahun depan pemerintah akan mengeluarkan KUR untuk start up bunganya yang tadi 9% nanti di turunkan jadi 7%,”¬† tegasnya.

Menurutnya, selama ini para Pebisnis pemula atau pengusaha start up sering kali kesulitan ingin membuka usaha karena bunga pinjaman yang tinggi.

Selain itu, Agus mengatakan pihaknya akan memperbesar jumlah pinjaman yang akan diberikan kepada pengusaha baru. Misalnya dari awalnya pinjaman hanya dapat dikucurkan Rp 25 juta, tahun 2017 akan dinaikkan menjadi Rp 50 juta.

Dimana, tambah Agus, uang pinjaman Rp 50 juta itu akan diberikan tanpa agunan atau jaminan. Hal itu karena telah dijamin pemerintah.

“Kalau franchise yang modalnya di bawah Rp 50 juta itu bisa di akses di perbankan, itu tanpa agunan, agunanya sudah dijamin, tapi franchise itu tentunya layak,” tuturnya.

Di Akhir keterangannya, Agus mengutarakan bahwa Saat ini menurutnya franchise di Indonesia di dominasi bisnis lokal sebanyak 60%. Serta sisanya dikuasai dari luar negeri.

RED

EDITOR ; INTAN