Kemendes Ciptakan Desa Mandiri Energi di Tapteng

TANGKAS – Indonesia sebagai negara yang mempunyai sumber energi bari hingga mencapai 300.000 Megawatt, dalam implementasinya baru digunakan hanya 3 persen.

Seperti diketahui Sumber energi baru yang dimiliki Indonesia berasal dari tenaga surya, panas bumi, hydro, dan sebagainya.

Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) mempunyai program dengan memanfaatkan sumber energi baru yang terkandung didalam perut bumi Indonesia.

Sekitar 60 KK di Desa Danau Pandan , Kecamatan Pinangsori Kabupaten Tapanuli Tengah yang telah memiliki PLTS dua unit dengan kekuatan 10 VA telah dijadikan Desa Mandiri Energi oleh Kemendes.

Dirjen Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (PPMD), Ahmad Erani Yustika mengutarakan desa desa mempunyai sungai dan sangat cocok dibangun energi mikro hydro, Di pantai yang sangat cocok dibangun energi tenaga surya dan energi ombak.

Ahmad menambahkan, kedepannya sumber energi baru ini dapat dijadikan andalan dalam pembangkit listrik sehingga mampu mendukung pengembangan home industri di Desa desa.

” Keberadaan Sumber energi baru ini sangat vital dan menjadi suatu syarat untuk menjadi negara maju”, tegas Ahmad pada Jumat (19/2).

 

NINGSIH

EDITORĀ  : DD BIN