Kasus Sekjen Nasdem, Pengacara Rio Beberkan Kiat KPK Gagalkan Praperadilan

 

TANGKAS  – Kuasa hukum mantan Sekjen Partai Nasdem sekaligus mantan anggota DPR RI, Patrice Rio Capella, Maqdir Ismail memandang penundaan sidang selama dua pekan yang diajukan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) adalah upaya untuk menggugurkan gugatan praperadilan kliennya.

“Hari Jumat ketika sidang pertama praperadilan pihak KPK meminta ditunda persidangan itu untuk waktu dua minggu, sementara pada hari yang sama kami sudah tahu, pagi itu sebelum persidangan dimulai mereka sudah lakukan pelimpahan tahap kedua. Artinya berkas perkara sudah selesai dan tinggal menunggu dilimpahkan ke pengadilan,” ujar Maqdir ditemui di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Rabu (4/11/2015).

Atas dasar hal tersebut, Maqdir menilai bahwa gugatan praperadilan yang diajukan oleh pihaknya secara otomatis akan gugur, lantaran berkas perkara sudah selesai dan akan masuk ke pengadilan.

“Itu alasannya kami meyakini ini taktiknya mereka dalam menggugurkan praperadilan,” jelasnya.

Maqdir juga menjelaskan bahwa dalam gugatan praperadilan yang dilayangkan salah satunya untuk melakukan uji keabsahan penetapan status kliennya sebagai tersangka, namun dirinya menyayangkan karena lembaga antirasuah justru tidak menghendaki hal tersebut.

“Ini terus terang buat saya ini patut kita sayangkan karena apa yang hendak kita lakukan ini kan menegakkan dan menjalankan proses hukum yang baik,” sesal Maqdir.

Agus (Intelijen)

EDITOR : DD BIN