Kapolri Sebut Polisi Potensi Jadi Pahlawan Masa Kini

TANGKAS – Kepala Polri Jenderal Pol Badrodin Haiti mengatakan bahwa polisi berpotensi menjadi pahlawan di masa kini. Tugas, pokok dan fungsi polisi, sebut Badrodin, harusnya dimanfaatkan polisi di lapangan untuk menjadi pahlawan.

“Banyak hal yang bisa dilakukan polisi. Nilai-nilai kepahlawanan itu seharusnya bisa diteladani polisi. Itu ruang polisi dalam melakukan itu,” ujar Badrodin menanggapi Hari Pahlawan di Kompleks Mabes Polri, Jakarta, Selasa (10/11/2015).
Anggota Polres Nganjuk Aiptu Nanik Yuliati salah satu contohnya. Di wilayah tugasnya, sebut Badrodin, Nanik membebaskan banyak orang yang terpasung, bahkan sampai membawanya berobat.
Aksi Nanik itu dilakukan tanpa imbalan apapun.
Anggota Babinkamtibmas Polres Mamuju Brigadir Piether Paembonan juga demikian. Dia membebaskan ratusan anak putus sekolah di wilayah tugasnya.
Bahkan, Piether sempat mendapatkan penghargaan sebagai polisi berprestasi oleh Kapolri.
Menurut Badrodin, mereka telah meneladani nilai-nilai kepahlawanan. Oleh sebab itu, polisi lainnya pun diharapkan memiliki prestasi di bidang sosial seperti Nanik dan Piether.
“Seharusnya polisi itu ya seperti mereka, menjadi inspirator melakukan yang terbaik bagi bangsa,” ujar Badrodin.
Saat ditanya siapakah sosok yang harusnya diteladani polisi, Badrodin menyebut, Moehammad Jasin. Dia adalah tokoh polisi pertama yang menyandang gelar pahlawan nasional.
“Pak Jasin ikut berjuang bersama Bung Tomo, melakukan perlawanan, membebaskan negara kita ini dari penjajah. Dia seharusnya diteladani oleh semua polisi,” tegas Kapolri.
INTAN
EDITOR : DD BIN