Kapolri Ingin Terapkan SEMIS Tingkatkan Pelayanan Kasus

TANGKAS – Kapolri Jendral Pol Tito Karnavian menyampaikan masalah serse yang masih dihadapi pihaknya adalah terkait sistem pelayanan kasus.

“Jadi begini, masalah reserse kita ini masih menggunakan manual,” ujarnya pada Jumat  (19/8) di Mabes Polri.

Menurutnya, semua kasus ditangani penyidik masih bersifat manual. “Semua kasus ditangani oleh penyidik, disimpan dalam lacinya. Kalau ditanya perkembangan, dibuka dulu berkasnya, penyidik lagi di luar kota tidak bisa ke mana-mana. Apalagi sampai terbakar gedungnya atau hilang berkasnya habislah itu,”  jelasnya.

Kapolri menjelaskan bahwa sebenarnya sudah ada perangkat lunak  yang canggih menunjang  pelayanan kasus yang disebut dengan Case Management Information System (SEMIS).

Dalam keterangannya, penerapan sistem digital dan komputerisasi akan memudahkan pencarian data file kasus yang dilaporkan.

Lebih lanjut Kapolri menuturkan jika menggunakan sistem SEMIS, perkembangan penangan sebuah kasus pun lebih mudah diketahui. “Itu semua bisa dikontrol dengan statistik. Bahkan, bisa dibuat sistem warning. Nah, ini sedang kami perbaiki, kami berusaha digitalisasi dengan ITE di sistem penyidikan,”  jelasnya.

RED
EDITOR  INTAN