Kado Spesial Lebaran 2018, Bank Dunia Setujui Pinjaman Baru Senilai 150 Juta USD Untuk Dana Perawatan Kesehatan Masyarakat Indonesia

TANGKASNews – Bertepatan dengan perayaan Hari Raya Idul Fitri 1439 H , Bank Dunia memberikan kado spesial buat Indonesia dengan menyetujui pinjaman baru senilai Rp 150 Juta Dollar Amerika guna  dana perawatan kesehatan.

 

Menurut keterangan Direktur Negara Bank Dunia untuk Indonesia dan Timor-Leste, Rodrigo A Chaves, mengatakan utang baru Indonesia tersebut dipergunakan untuk perawatan kesehatan   primet rakyat Indonesia.

 

“Pinjaman ini merupakan bagian dari Indonesian Supporting Primary Health Care Reform (I-SPHERE) Program yang akan mendukung pelaksanaan Program Indonesia Sehat,” ujarnya di Jakarta, Kamis (14/6)  .

 

“Kesehatan penting agar Indonesia dapat memenuhi berbagai tujuan di mana warganya sehat dan makmur, memiliki kesempatan yang sama untuk berpartisipasi pada pertumbuhan dan perkembangan negara yang luar biasa,” imbuhnya.

 

Chaves mengutarakan Ada perbaikan angka harapan hidup dan penurunan angka kematian anak berusia di bawah lima tahun di Indonesia, dari 46 dari 1.000 kelahiran pada 2002 menjadi 32 dari 1.000 kelahiran pada 2017.

 

Selain itu , Chaves menambahkan Indonesia juga memiliki salah satu angka tertinggi di dunia untuk program asuransi kesehatan sosial pembayar tunggal yaitu Jaminan Kesehatan Nasional. “Diperkirakan pada 2019 seluruh penduduk Indonesia akan memiliki perlindungan JKN,” tegasnya.

 

Red

Editor : Intan