Kabar Gembira, Blanko E KTP Kini Telah Tersedia

TANGKASNews – Seiring berjalannya penyidikan kasus E KTP , pemerintah memberikan kabar gembira kepada masyarakat bahwa blanko tanda penduduk elektronik kini telah tersedia dan siap didistribusikan ke daerah daerah.

 

Menurut keterangan Kepala Pusat Penerangan Kemendagri, Arief M Edie menyampaikan pihaknya akan tanggap bereaksi terhadap agenda perekaman KTP elektronik. Bila ada dinas kependudukan dan catatan sipil (dukcapil) daerah yang menolak proses tersebut karena alasan blanko habis, segera laporkan ke pusat.

 

“Laporkan saja, nanti akan disidak Pak Zudan (Dirjen Dukcapil Kemendagri),”ujarnya di Jakarta, Kamis (8/2).

 

Menurutnya, pada saat ini jumlah blanko sudah tersedia dan siap didistribusikan ke daerah-daerah. Sehingga, tak ada lagi alasan dinas dukcapil untuk mengatakan kehabisan blanko. Jika faktanya demikian, maka mereka harus mengajukan permohonan ke Kemendagri.”Daerah harus aktif jemput bola,” ucapnya.

 

Kendati demikian, Arief mengingatkan agar Dukcapil Kemendagri tentunya tetap mendata kebutuhan dan tingkat perekaman di daerah. Jangan sampai, ada dinas yang meminta tambahan, namun ketersediaan blanko mereka sebenarnya masih banyak. Jika seperti itu, tentu pusat akan menahannya.”Karena khawatir jadi permainan. Biasanya staf di daerah ini suka lalai,” imbuhnya.

 

Arief msnambahkan bagi warga yang sampai saat ini masih belum memperoleh KTP elektronik, namun sudah melakukan perekaman, kata dia, umumnya karena masalah perpindahan data. Semisal, warga tersebut pindah ke satu kota, tapi belum melapor ke dinas dukcapil.

 

“Harusnya melapor dulu ke dinas dukcapil yang lama. Misal mau ke Jakarta, tapi warga Semarang, harus lapor dulu ke kantor dukcapil Semarang,” jelasnya.

 

Red

Editor : Intan