Jika Terpilih, Ahok Akan Hibahkan Rp 1 T Untuk Kota Penyangga Jakarta

TANGKAS – “Setiap tahun, kami akan berikan hibah sebesar Rp1 triliun dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI Jakarta kepada kota-kota mitra kami.”

Prihal ini disampaikan oleh Cagub DKI, Basuki Tjahaja Purnama alias ahok di Balai Rakyat (Rumah Lembang), Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (29/11).

Dalam acara tersebut, Ahok menambahkan bahwa jika terpilih lagi maka pihaknya akan  memberikan hibah kepada sejumlah kota penyangga Jakarta, seperti Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi sebesar Rp 1 triliun setiap tahun.

Ahok menilai hibah tersebut akan diperuntukkan terutama untuk membangun kerja sama dalam mengatasi permasalahan banjir di Kota Jakarta.

“Saya rasa rencana itu cukup relevan, mengingat Tangerang dan Bogor adalah daerah dataran tinggi. Sedangkan 13 sungai yang melintasi Jakarta airnya bersumber dari kedua kabupaten tersebut,” terangnya.

Selain itu, Ahok menuturkan juga emerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta sudah mengeruk 13 sungai yang ada di wilayah ibukota, sekaligus merelokasi penduduk yang tinggal di bantaran sungai ke rumah susun (rusun).

“Selain mengeruk sungai, Pemprov DKI juga mengeruk dan membenahi waduk-waduk yang ada di Jakarta, serta memperbaiki pompa air untuk mengantisipasi bencana banjir,”¬† jelasnya.

RED
EDITOR ; INTAN