Jelang HUT RI Ke 72, Pemerintah Akan Luncurkan Paket Kebijakan Ekonomi XVI

TANGKASNEWS – Era Kepemimpinan Presiden Jokowi, pemerintah telah meluncurkan 15 Paket Kebijakan Ekonomi.

Selanjutnya, jelang perayaan HUT RI Ke 72 Tahun ini, pemerintah rancananya akan kembali meluncurkan Paket Kebijakan Ekonomi XVI tentang kemudahan investasi..

“Paket kebijakan baru akan diumumkan sebelum 17 Agustus 2017,” tutur Menko Perkenomian, Darmin Nasution di komplek Istana Negara, Selasa (8/8).

Dalam keterangannya, Darmin menekankan Paket Kebijakan yang akan diluncurkan nanti tidak perlu dimasukkan dalam Pidato Kenegaraan oleh Presiden di depan sidang parlemen.

“Pidato kenegaraan itu memuat hal-hal besar, ini cukup teknis saja, jelasnya.

Menko menekankan Paket Kebijakan Ekonomi XVI ini diluncurkan guna mendukung pertumbuhan ekonomi semester II 2017.

“Kita akan meluncurkan satu program besar untuk mempercepat pelaksanaan investasi. Semua persoalan perizinan di pusat dan daerah kita coba selesaikan dengan satu model, ya mungkin seminggu lagi kita umumkan. Itu dalam bentuk paket kebijakan ekonomi,” paparnya.

Pemerintah, imbuhnya, usai peluncuran paket kebijakan ekonomi berseri ini akan menurunkan porsi barang dalam larangan dan pembatasan (lartas).

“Kita akan turunkan barang-barang lartas dari 49 persen, mengarah ke 17 persen, itu pekerjaan besar, harus bertahap mungkin 20 persen dulu,” tegas Darwin.

RED
EDITOR : INTAN