Jangan Salah, JOKOWI AMIN ada di Kertas Suara Abu Abu

TANGKASNews – Pemilu 2019 merupakan pesta demokrasi perdana yang menyelenggarakan pemilihan serentak dalam memilih anggota legislatif dan Presiden beserta wakilnya.

 

Kita ketahui Pemilu 2019 serentak ini akan digelar pada 17 April 2019. Dan masyarakat akan dihadapkan dengan 5 kertas suara yang harus dicoblos di bilik suara pada pemungutan suara April mendatang.

 

5 Kertas Suara Pemilu 2019.

 

Desain dan ketentuan itu diatur dalam Keputusan KPU Nomor 1944/PL.02-Kpt/01/KPU/XII/2018. Ada 1 desain surat suara Pilpres, 1 desain surat suara Pileg DPR, 9 desain surat suara Pileg DPD, 2 desain surat suara Pileg DPRD Provinsi, 2 desain surat suara DPRD Kabupaten/Kota. Selain itu, ada desain surat suara khusus untuk di Aceh, yaitu 3 DPR Kab/Kota Aceh dan 3 desain surat suara DPR Provinsi Aceh.

 

Kepala Pusat Penerangan Kementerian Dalam Negeri (Kapuspen Kemendagri) Bahtiar menjelaskan ada 5 warna kertas suara yang harus dicoblos masyarakat pemilih pada 17 April 2019 mendatang.

 

“Warna kuning untuk DPR RI, merah untuk DPD RI, biru untuk DPRD Provinsi, hijau untuk DPRD Kabupaten/Kota, dan warna abu-abu untuk Presiden dan Wakil Presiden. Pemilihan warna ini berdasarkan Keputusan KPU Republik Indonesia, tentang desain surat suara dan desain alat bantu coblos (template) bagi pemilih tunanetra pada PemiluTahun 2019,” jelasnya

 

Ketentuan dalam Mencoblos satu kali pada nomor, nama, foto pasangan calon, atau tanda gambar partai politik pengusul dalam satu kotak pada surat suara.

 

Disinilah hal yang patut diketahui masyarakat pemilih, dimana kertas suara untuk pasangan Calon Jokowi Maaruf Amin itu ada di kertas suara berwarna Abu Abu.

 

Lebih lanjut Bahtiar menjelaskan surat suara pemilu Presiden dan Wakil Presiden  yang diberi warna abu-abu. Surat suara warna ini terdiri atas surat suara Pasangan Calon (Paslon) untuk pemilu Presiden dan Wakil Presiden.

 

“Surat suara Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden berbentuk lembaran empat persegi panjang yang terdiri atas dua bagian yaitu bagian luar dan bagian dalam,” tutupnya.