Inul Vista Dilaporkan Lima Pencipta Lagu Lawas ke Bareskrim Polri

TANGKAS  – Lima pencipta lagu lawas yang terdiri dari Papa T. Bob, Wahyu WHL, Rudy Loho, Youngky RM dan Ryan Kyoto, mendatangi Bareskrim Mabes Polri, Jakarta, Selasa (3/11/2015) melaporkan 3 pengusaha karaoke, Inul Vista, Happy Puppy dan NAFF.

Dengan didampingi pengacaranya,Hulman Panjaitan, mereka menuntut hak penggandaan alias mechanical rights yang belum dibayarkan Inul selama 10 tahun.

“Kita atas nama beberapa pencipta ingin melaporkan secara pidana beberapa perusahaan hiburan karaoke karena diduga telah melakukan pelanggaran hak cipta, terutama di mechanical right (penggandaan) terhadap lagu-lagunya di usaha karaoke, di antaranya Inul Vista, Happy Puppy, dan Nav. Bukti sudah kita kantongi,” ujar Hulman Panjaitan selaku kuasa hukum, dalam siaran pers  Selasa (3/11).

Diakui Hulman, selama ini ketiga perusahaan karaoke itu baru membayarkan performing rights. Sementara untuk mechanical rights kelima pencipta lagu senior itu belum pernah menerima sepeser pun.

“Ide ini muncul sekitar empat bulan yang lalu. Dan kami telah telusuri sejak tiga bulan terakhir. Pihak Inul Vizta tidak pernah meminta izin atas pemakaian lagu kami. Sebagai pencipta, kami merasa dirugikan, merasa tidak adil,” ujar Rudy Loho pencipta lagu Aku Tak Biasa yang dipopulerkan oleh Alda Risma dan Syahrini, saat ditemui di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (2/10/2015).
Seiring kemajuan era digital, kelima pencipta lagu tersebut berharap agar Inul Vizta dan dua pengusaha karaoke lainnya, dapat meminta izin dan memberikan royalti atas lagu-lagu yang dipakai. Namun hingga kini, belum ada tanggapan positif dari Inul Vizta.

“Sebelumnya, kami telah menjatuhkan somasi kepada pihak Inul Vizta, pada 22 September 2015. Namun tak ada tanggapan,” jelas Youngky RM, pencipta lagu Mama Aku Ingin Pulang, yang dipopulerkan Nike Ardila dan Poppy Mercury.

Berikut daftar lagu yang diciptakan Papa T. Bob, Wahyu WHL, Rudy Loho, Youngky RM dan Ryan Kyoto, yang diduga digunakan Inul Vizta tanpa meminta izin terlebih dahulu.

Youngky RM
Sepatu dari kulit Rusa – Ria Resty Fauzy
Dibatas Kota Ini – Tommy J Pisa
Mama aku ingin pulang – Poppy Mercury dan Nike Ardilla
Biarlah aku mengalah – Nike Ardilla
Cinta Kita – Inka Christie

Rudi Loho
Aku Tak Biasa – Syahrini dan Alda Risma
Harus malam ini – Mayangsari
Datanglah kasih – Nia Paramitha
Biarkan Orang Bicara – Coboy

Papa T Bob
Siapa Tak Ingin Disayang – Nia Daniati
Air – Joshua
Bolo-bolo – Tina Too
Du Di Dam – Eno Lerian

Ryan Kyoto
Cinta Jangan Kau Pergi – Sheila Majid
Sendiri Lagi – Noah
Kembali – Novia Kolapaking
Pasrah – Erni Kulit
Cinta Pertama – Trio Libel’s

Wahyu WHL
Tenda biru – Hetty Koes Endang
Hati Siapa Tak Luka – Poppy Mercury.

Intelijen

EDITOR : DD BIN