Inilah Tugas dan Fungsi Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila

TANGKASNEWS – Presiden Jokowi resmi melantik sepuluh pejabat dalam Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP – PIP) di Istana Negara pada Rabu (7/6).

Pembentukan UKP – PIP ini diputuskan Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2017 yang berisikan diantaranya Fungsi dan Tugas UKP – PIP.

Dalam Perpres tersebut disebutkan bahwa Fungsi UKP PIP ini adalah sebagai badan pemantau, mengevaluasi, dan mengusulkan langkah strategi untuk memperlancar pelaksanaan pembinaan ideologi Pancasila serta melaksanakan kerja sama dan hubungan antar-lembaga dalam pelaksanaan pembinaan ideologi Pancasila.

Tugas UKP PIP sebagaimana termaktub dalam Perpres tersebut adalah membantu Presiden dalam merumuskan arah kebijakan umum pembinaan ideologi Pancasila danĀ  melaksanakan koordinasi, sinkronisasi, dan pengendalian pembinaan ideologi Pancasila secara menyeluruh dan berkelanjutan.

Selain itu, UKP PIP ini juga sebagai badan yang merumuskan arah kebijakan umum pembinaan idiologi Pancasila dan menyusun Garis Garis Besar Haluan dan Roadmap Ideologi Pancasila.

Kesepuluh pejabat yang dilantik Presiden Jokowidodo dalam UKP PIP diantaranya, sembilan Dewan Pengarah UKP PIP ; Megawati Soekarnoputri, Jenderal TNI (Purn) Try Sutrisno, KH Ma’ruf Amin, Prof Mahfud MD, Prof Syafii Maarif, KH Said Aqil Siradj, Prof Andreas Anangguru Yewangoe, Mayjen TNI (Purn) Wisnu Bawa Tenaya dan Sudhamek. Dan Seorang Eksktuif UKP – PIP yakni Yudil Latif selaku Kepala UKP PIP.Proses Pelantikan kesepuluh pejabat UKP PIP melalui pembacaan putusan Presieden, Keppres No. 31 Tahun 2017.

 

RED
EDITOR : INTAN