Inilah Tiga Alasan Pemerintah Harus Bubarkan Ormas HTI

TANGKASNEWS РAda tiga hal yang mendasar jadi alasan Pemerintah harus membubarkan organisasi Hizbut Tahrir Indonesia  (HTI).

Pertama, HTI tidak melaksanakan peran positif untuk mengambil bagian dalam proses pembangunan guna mencapai tujuan nasional.

Kedua, Aktivitas HTI erindikasi kuat telah bertentangan dengan tujuan, azas, dan ciri yang berdasarkan Pancasila dan UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945 sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2013 tentang Ormas.

Terakhir, Kegiatan Ormas HTI dinilai telah menimbulkan benturan di masyarakat yang dapat mengancam keamanan dan ketertiban masyarakat, serta membahayakan keutuhan NKRI.

Untuk itu, Jaksa Agung HM Prasetyo menegaskan pembubaran HTI menjadi hal yang mendesak harus dilakukan oleh pemerintah.”Yang pasti HTI sudah menjadi ketetapam pemerintah, mendesak untuk akan dilakukan tindakan evaluasi dan pembubaran,”¬† ujarnya di Gedung Parlemen Senayan Jakarta, Senin (5/6).

Kendati demikian Jaksa Agung, imbuhnya harus menunggu putusan pemerintah terkait jalur apa yang akan ditempuh untuk membubarkan ormas bernuansa islami tersebut.

“Kan ada beberapa opsi yang diwacanakan. Gugatan di pengadilan, ada yang usulkan pembuatan Keppres. Ini semua masih dikaji. Pada saatnya akan disampaikan,” terangnya.

RED
EDITOR: INTAN