Inilah Solusi Pemerintah Dalam Kurangi Susut dan Peningkatan Infrastruktur Perikanan

TANGKAS  – Evaluasi terkait susut hasil pasca panen tidak cuma bertujuan mengetahui serta mengoreksi nilai susut yang ada. Ini juga upaya mendapat informasi soal penyebab, pihak terdampak serta strategi untuk mereduksi bahkan menihilkan susut.

“Hal yang tak kalah penting adalah untuk mengidentifikasi intervensi apa yang bisa dilakukan untuk mengurangi atau bahkan mencegah terjadinya susut hasil,” kata PLT Kepala Balitbang Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Nilanto Perbowo pada keterangan tertulisnya.

Dia bilang, pentingnya mengetahui susut hasil pasca panen juga dicantumkan dalam FAO Code of Conduct for Responsible Fisheries (CCRF) yang merupakan panduan kebijakan mempromosikan praktek pengurangan susut hasil.

Selain itu, Nilanto bilang pemahaman yang baik terhadap persoalan ini bakal sangat membantu dalam menetapkan kebijakan lanjutan.

Upaya meningkatkan pemahaman terhadap persoalan ini, dia bilang merupakan kebutuhan mendesak sebab bisa berdampak pada ketahanan pangan serta ekonomi nasional.

Melalui rumusan regulasi, pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, susut hasil perikanan diukur. Sebab memang perlu dilakukan sebelum menetapkan perencanaan dan pelaksanaan kebijakan demi mencari solusi efektif serta intervesi untuk mengurangi susut, peningkatan infrastruktur, akses, juga layanan pasar.

NINGSIH

EDITOR : DD BIN