Ini 5 Fokus Utama Kerja Periode Kedua Presiden Jokowi

TANGKASNews – Minggu, 20 Oktober 2019 menjadi momen sejarah bagi bangsa Indonesia. Suksesnya acara pelantikan Presiden RI Jokowidodo dan Wapres KH. Maarufamin masa bakti 2019-2024, di tengah aksi teror jaringan radikal telah memberikan pesan Positif bagi dunia Internasional.

Dalam pidato perdana Presiden Jokowi menyampaikan ada lima hal utama yang menjadi fokus kerja di periode kedua ini.

Pertama , Presiden Jokowi mengutarakan pembangunan sumber daya manusia (SDM) sebagai prioritas utama. Dalam hal ini, Presiden Jokowi hendak membangun SDM yang pekerja keras, dinamis, terampil, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, serta akan mengundang talenta-talenta global untuk bekerja sama.

Kedua, Kepala Negara menjelaskan pemerintah akan terus melanjutkan pembangunan infrastruktur. “infrastruktur tersebut akan menghubungkan kawasan produksi dengan kawasan distribusi, mempermudah akses ke kawasan wisata, mendongkrak lapangan kerja baru, serta mengakselerasi nilai tambah perekonomian rakyat,” jelasnya.

Kemudian yang Ketiga, Presiden RI Dua Periode ini ingin agar segala bentuk kendala regulasi disederhanakan, dan dipangkas. “Pemerintah akan mengajak DPR untuk menerbitkan 2 undang-undang (UU) besar, yaitu UU Cipta Lapangan Kerja dan UU Pemberdayaan UMKM,” terangnya.

Keempat, Presiden Jokowi ingin penyederhanaan birokrasi terus dilakukan secara besar-besaran. “Tak hanya itu, investasi untuk penciptaan lapangan kerja juga harus diprioritaskan di samping memangkas prosedur dan birokrasi yang panjang,” ujarnya.

“eselonisasi harus disederhanakan dan diganti dengan jabatan fungsional yang menghargai keahlian dan kompetensi,”sambungnya.

Terakhir , Kepala Negara mengatakan terkait hal transformasi ekonomi.  “Indonesia harus bertransformasi dari ketergantungan pada sumber daya alam menjadi daya saing manufaktur dan jasa modern yang mempunyai nilai tambah tinggi bagi kemakmuran bangsa demi keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia,”tegasnya.

Red
Editor : Intan