HUT RI Ke 71, Presiden Ajak Semua Elemen Turut Lakukan Percepatan Pembangunan

TANGKAS – Presiden Jokowidodo menegaskan bahwa pemerintah kini tengah melakukan percepatan pembangunan, sehingga pihaknya menghimbau dan mengajak semua elemen untuk turut dalam percepatan ini.

Prihal ini disampaikan Presiden saat membacakan Pidato Kenegaraan dalam rangka HUT RI Ke 71 di Gedung Parlemen , Senayan pada Selasa Siang (16/8).

“Tahun 2016 ini dapat disebut sebagai Tahun Percepatan Pembangunan Nasional. Kita harus melangkah menuju Indonesia maju,” tutur Presiden.

Menurut Presiden, terkait percepatan pembangunan, pemerintah fokus terhadap tiga langkah terobosan untuk mengentaskan kemisikinan , pengangguran, serta kesenjangan sosial.

Ketiga langkah tersebut tambah Presiden adalah ertama, percepatan pembangunan infrastruktur. Kedua, penyiapan kapasitas produktif dan Sumber Daya Manusia. Ketiga, deregulasi dan debirokratisasi.

Selanjutnya dalam pidato tersebut Presiden menekankan bahwa dengan percepatan pembangunan Infrastruktur ini di seluruh tanah air akan dapat memperkuat konektivitas antarwilayah dan memperkecil ketimpangan dan kesenjangan sosial.

“Akselerasi pembangunan infrastruktur logistik meliputi jalan nasional dan jalan tol, jembatan, jalur kereta api, tidak hanya di Pulau Jawa tapi juga di Pulau Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi, dan juga dibangun Mass Rapid Trasportation (MRT), Light Rail Train (LRT), dan commuter line,” jelasnya.

Sehingga, Presiden menegaskan sudah menjadi kewajiban pemerintah untuk membangun wilayah-wilayah yang marginal, wilayah-wilayah yang tertinggal dengan menggunakan dana APBN. Sedangkan daerah-daerah lain yang ekonominya menggeliat dan tumbuh, pemerintah mendorong peran dunia usaha dan kerjasama dunia usaha dengan BUMN (Badan Usaha Milik Negara).

RED
EDITO R: INTAN