HUT Korps Marinir ke- 70, Kami Bukan Yang Terbesar Tapi Mematikan

TANGKAS – Kemeriahan pelaksanaan HUT Korps Marinir TNI AL ke 70 dengan mengusung tema ” Kuat Bersama Rakyat Berkarakter Maritim” di Lapangan Apel Ksatrian Marinir Hartono Cilandak, Jakarta pada Minggu (15/11). Makna dari tema inisebagai bentuk konsistensi Korps Marinir bersama rakyat dalam rangka mewujudkan Indonesia sebagai poros Maritim Dunia sesuai dengan visi dan misi dalam Janji Nawacita Presiden Jokowidodo.Dalam pelaksanaannya, Laksamana TNI Ade Supandi, S.E, M.A.P Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) bertindak sebagai inspektur upacara militer.

KSAL, Laksamana ADe Supandi selaku inspektur upacara dalam HUT Korps Marinir ke - 70 di Lapangan Apel Ksatrian Marinir Hartono Cilandak, Jakarta pada Minggu (15/11).
KSAL, Laksamana TNI ADe Supandi selaku inspektur upacara dalam HUT Korps Marinir ke – 70 di Lapangan Apel Ksatrian Marinir Hartono Cilandak, Jakarta pada Minggu (15/11).

” Selama kurun waktu pengabdian 70 tahun kepada Indonesia, Korps Marinis selalu berupaya menjadi kekuatan yang strategis yang dapat diandalkan negara didalam upaya menjaga keutuhan NKRI dan Kewibawaan Bangsa”, ujar KSAL Ade Supandi dalam sambutannya. ” Sampai detik ini, Korps Marinir telah memberikan harga mati dan jawaban pasti untuk selalu siap menghadapi terhadap semua pihak yang ingin merongrong kedaulatan, persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia”, imbuh KSAL Ade Supandi.
KSAL Ade Supandi mengutarakan bahwa prajurit Korps Marinir selalu ambil bagian dalam pengiriman pasukan misi perdamaian di negara tetangga yang sedang mengalami konflik. Selain itu, Korps Marinir telah mengirimkan pasukan prajuritnya untuk ikut bergabung satuan tugas bantuan kemanusiaan  dalam rangka mengatasi pemadaman Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di daerah Sumatera dan Kalimantan.
Dalam sambutannya, Laksamana TNI Ade Supandi memaparkan tentang keberhasilan Korps Marinir dalam menemukan korban tragedi Pesawat Air Asia beberapa tahun lalu di perairan Kalimantan bekerjasama dengan pihak pihak terkait. Keberhasilan ini, menurut KSAL Ade Supandi menjadi suatu prestasi yang sangat membanggakan bagi jajaran Korps Marinir sebagai bagian dari TNI AL.
“Keberhasilan dan Penugasan para prajurit ini sebagai bentuk wujud pembuktian kepada dunia bahwa Korps Marinir akan selalu siap menjaga setiap jangkal wilayah tanah air dan keutuhan NKRI serta kedaulatan bangsa”, ujar KSAL Ade Supandi.

Sesi Foto Bersama Para Pejabat, Prajurit Korps Marinir bersama KSAL, Laksamana Ade Supandi usai pelaksanaan upacara militer HUT Korps Marinir ke - 70 di Jakarta , Minggu (15/11)
Sesi Foto Bersama Para Pejabat, Prajurit Korps Marinir bersama KSAL, Laksamana Ade Supandi usai pelaksanaan upacara militer HUT Korps Marinir ke – 70 di Jakarta , Minggu (15/11)

“Saya selaku pimpinan TNI Angkatan Laut mengucapkan selamat dan penghargaan yang tinggi kepada prajurit sebagai petarung atas keberhasilan atas segala prestasi yang diperoleh oleh para prajurit Korps Marinir”, ungkap KSAL Ade Supandi. “Apa yang telah dicapai Korps marinir sebagai proses pembentukan prajurit tempur Korps Marinir”, imbuh KSAL Ade Supandi.
Laksmana Ade Supandi berpesan kepada para prajurit Korps Marinir agar dapat mempertahankan dan meningkatkan prestasi – prestasi yang diperoleh di masa yang akan datang, Prajurit Korps Marinir harus dapat memperkuat moril pribadi sebagai seorang prajurit dan tidak terpengaruh dari keadaan lingkungan yang merugikan orang banyak, dan hindari gesekan gesekan dengan pihak satuan baik TNI maupun Polri.
Dalam sambutan penutupnya, KSAL Ade Supandi menegaskan bahwa melalui pembinaan pembinaan kulutral baik secara fisik dan non fisik diharapkan mampu membentuk prajurit petarung Korps Marinir yang menjunjung tinggi nilai nilai luhur, dan siap bertempur di laut maupun didarat tanpa pantang menyerah dengan semboyan “ Kami bukanlah yang terbesar , tetapi Mematikan “.
Dalam upacara HUT Korps Marinir ke – 70 ini dihadiri oleh para pejabat utama TNI AL, Pejabat Utama TNI Polri, Warga kehormatan Korps Marinir, Sesepuh pejabat Korps Marinir, serta perwira bintara, tamtama dan sipil Korps Marinir.

Endha (BJ)

EDITOR : DD BIN