HUT Ke 59, Pertamina Gelar Pemberdayaan dan Pembersihan Pantai Kampung Nelayan

TANGKAS – Dalam rangka perayaan HUT Pertamina ke 59, Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto mengatakan pihaknya menyelenggarakan  program Pemberdayaan dan Pembersihan Pantai Kampung Nelayan di lima lokasi secara serentak.

Dwi menambahkan Sekitar 4000 orang terlibat dalam aksi yang tersebar di beberapa titik, yaitu Pantai Kampung Bugis, Tanjung Uban, Kepulauan Riau, Pantai Mutiara Hijau, Balongan, Jawa Barat, Teluk Penyu, Cilacap, Jawa Tengah, Pantai Grand Watu Dodol, Banyuwangi, Jawa Timur, dan Kampung Atas Air, Balikpapan, Kalimantan Timur.

Menurutnya, Pelaksanaan program Pemberdayaan dan Pembersihan Pantai Kampung Nelayan di Teluk Penyu, Cilacap juga merupakan bagian dari program BUMN Hadir untuk Negeri. Terdapat beberapa BUMN yang ikut berperan serta dalam program Pemberdayaan dan Pembersihan di Pantai Teluk Penyu, yaitu Pelindo I, II, III & IV, Pertamina, BRI, Pusri, BNI, Telkom, Antara, Inti, dan DRU.

Dalam kesempatan lain, Menteri BUMN, Rini Soemarmo dalam perayaan Ulang Tahun Pertamina di Cilacap memberikan apresiasi tas kepedulian BUMN untuk melakukan sebuah aksi nyata berupa program Pemberdayaan & Pembersihan Pantai Kampung Nelayan yang disebutnya sejalan dengan Nawa Cita Presiden untuk menumbuhkan perekonomian di wilayah pesisir.

Rini juga menyampaikan wahana bagi BUMN untuk membuktikan komitmennya pada peningkatan kesejahteraan masyarakat nelayan di sekitar pesisir melalui program Corporate Sosial Responsibility (CSR) maupun Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL).

“Sinergi BUMN Hadir untuk Negeri yang dilakukan hari ini merupakan langkah kecil yang sangat sejalan dengan semangat besar Presiden RI untuk menciptakan Poros Maritim di Indonesia, yang salah satunya menekankan kepada upaya untuk menghidupkan perekonomian berbasis pesisir. Oleh karena itu, kami sangat mengapresiasi semua pihak yang terlibat,” terangnya.

RED

EDITOR : INTAN