HPN 2018, MPR Berharap Insan Pers Bisa Jadi Filter Isu Hoaks

TANGKASNews – MPR RI Berharap Insan Pers akan tetap menjadi perekat persatuan bangsa Indonesia.

 

Pernyataan ini disampaikan Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan pada Jumat (9/2) bertepatan dengan puncak perayaan Hari Pers Nasional (HPN) 2018 di Padang, Sumatera Barat.

 

Pria dengan sapaan akrab Zulhas ini mengutarakan kemajuan teknologi yang berlangsung sangat pesat mempengaruhi hidup masyarakat. “Teknologi informasi yang berkembang cepat membuat arus informasi bergerak sangat cepat,” terangnya.

 

“Saat ini perubahan terjadi sangat cepat, masyarakat berubah dengan cepat dan pers juga berubah,” imbuhnya.

 

Dalam keterangannya tersebut, Zulhas juga mengatakan saat ini publik belum bisa membedakan mana berita bohong (hoaks) atau fakta.

 

“Ribuan informasi kita terima dalam hitungan detik dan tidak semua informasi itu kita butuhkan,” tuturnya.

 

Untuk itu MPR, ujarnya, berharap kepada insan pers agar dapat menjadi filter akan adanya berita berita hoaks. “Di sinilah peran pers diharapkan bisa menjadi penyaring,” ucapnya.

 

Zulhas menegaskan Hoaks itu akan menjadi sumber perpecahan persatuan dan kesatuan bangsa , sehingga insan pers diharapkan berperan penting memberikan informasi positif untuk memperkuat nasionalisme guna menangkal isu Hoaks.

 

Zulhas menambahkan hal ini disebabkan lantaran Teknologi informasi dan digital membuat pers berubah dari konvensional menjadi online dan digital. “Persaingan menjadi sangat keras sehingga sering mengabaikan kode etik,” pungkasnya.

 

Red

Editor : Intan