HPN 2018, DPD Berharap Pers Ikut Awasi Dana Desa

TANGKASNews РKetua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Oesman Sapta Odang  berharap insan pers turut melakukan pengawasan terhadap dana desa yang di gelontorkan pemerintah ke beberapa wilayah.

 

“Dana yang dikucurkan oleh pemerintah pusat kepada sekitar 75 ribu desa cukup besar dan rentan penyalahgunaan, sehingga dengan pengawasan secara bersama akan membuat pengelolaan dana desa tersebut dapat berjalan secara profesional,” tuturnya dalam dialog yang menjadi rangkaian Hari Pers Nasional (HPN) 2018 di Padang, Rabu malam (7/2).

 

Dalam kesempatan yang sama , Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Eko Putro Sandjojo mengatakan dengan terlibatnya media dalam pengawasan akan membuat pihaknya dapat mengevaluasi kekurangan-kekurangan yang ada.

 

Menurut Mendes, pengawasan pengelolaan dana desa masih belum sempurna, meskipun dilakukan secara bertingkat mulai dari tingkat kabupaten dan kecamatan.

 

“Buktinya saat ini masyarakat lebih peduli dalam memberikan laporan terkait dana desa. Tidak hanya berupa laporan pelanggaran namun juga usulan dan perbaikan,” ¬†imbuhnya.

 

Eko menjelaskan bahwa biasanya laporan dari masyarakat biasanya dalam satu tahun hanya ratusan laporan, kini dalam tiga bulan dapat mencapai angka 11 ribu laporan.

 

“Hal ini dampak dari peranan media yang aktif memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait pengelolaan dana desa,” jelasnya.

 

“Seluruh pengaduan kita verifikasi kebenarannya dan satgas akan diturunkan ke lokasi tersebut,” tegasnya.

 

Red

Editor : Intan