Hilirisasi dan Industrialisasi , Upaya Efektif Pacu Perekonomian Nasional

TANGKASNews – Presiden Jokowi mengatakan dalam rangka memacu perekonomian nasional, pemerintah tengah mengupayakan untuk menumbuhkan industri dan membangkitkan ekonomi melalui program hilirisasi .

 

Presiden menilai kedua upaya tersebut merupakan langkah yang paling efektif untuk mengurangi ketergantungan Indonesia terhadap produk impor, juga menjadi langkah dalam mengurangi defisit transaksi berjalan

 

“Kuncinya memang kita tahu dari dulu, industrialisasi dan hilirisasi. Kita tahu itu, tapi eksekusi lapangannya yang tidak pernah kita kejar. Ini yang saya kejar terus,” ¬†ujar Kepala Negara dalam acara CEO Networking 2018, di Jakarta pada Senin (3/12).

 

Indonesia, sambungnya, merupakan negara dengan sumber daya alam yang sangat melimpah. Salah satunya mineral bauksit yang tiap tahunnya diekspor sebanyak jutaan ton dengan harga kurang lebih USD35 per ton.

 

Lebih lanjut, Presiden Jokowi mengatakan impor Indonesia di sektor migas masih menjadi salah satu penyumbang defisit terbesar bagi transaksi Indonesia.

 

Sehingga Presiden Jokowi menegaskan tak ada cara lain bagi Indonesia untuk menyelesaikan persoalan defisit ini selain dengan menempuh industrialisasi dan hilirisasi industri. “Menyelesaikannya memang harus hilirisasi, enggak ada yang lain,” tegasnya.

 

Red

Editor : Intan