Hari ini, Pemerintah Resmi Turunkan Status Gunung Agung ke Level Siaga

TANGKASNews – Pada hari ini, Sabtu (10/2), Menteri ESDM, Ignasius Jonan mengumumkan secara resmi penurunan status Gunung Agung dari level Awas menjadi level Siaga ( level III).

 

“Dengan penurunan status ini, zona perkiraan bahaya juga diturunkan dari yang awalnya enam kilometer menjadi empat kilometer dari kawah puncak Gunung Agung,”  ujar Jonan usai memimpin rapat di Pos Pengamatan Gunungapi Agung, Desa Rendang, Karangasem, Bali,pagi tadi.

 

Pemerintah,imbuhnya ,menghimbau kepada warga yang berada di pengungsian agar kembali ke rumahnya masing masing.

 

“Pada saat ini, kegiatan aktivitas masyarakat juga telah dinyatakan aman dari gangguan aktivitas Gunung Agung, sehingga warga bisa kembali ke kampung halamannya masing-masing,” jelasnya.

 

Di tempat yang sama, Kepala PVMBG, Kasbani menyampaikan  penurunan status ini berdasarkan hasil pengamatan PVMBG terhadap perkembangan aktivitas vulkanik Gunung Agung yang relatif menurun secara signifikan.

 

“Semua data dan informasi menunjukkan aktivitas Gunung Agung telah menurun. Volume kubah lava di permukaan kawah juga tidak mengalami perubahan berarti, yaitu masih sekitar 20 juta meter kubik,” terangnya.

 

Gung Intan

TANGKAS BALI