Gunakan Dana Bansos, Wapres Tegaskan Kongres HMI Selalu Habiskan Miliaran Rupiah

TANGKAS – Wakil Presiden Jusuf Kalla meminta publik tidak perlu mempersoalkan penggunaan dana Bansos dari APBD Riau untuk Kongres Himpunan Mahasiswa Islam (HMI). Sebab, dan penggunaan dana itu sudah dilakukan sesuai dengan prosedur dan tata cara yang benar.

Kalla yang juga alumni HMI ini menyangkal, penggunaan dana Bansos Rp 3 miliar lebih besar dari pada ‎dana untuk alokasi penanganan bencana asap di Riau. “Saya tidak perlu dipersoalkan, dana penanggulangan asap itu mencapai puluhan miliar,” ujar Wapres saat membuka Kongres HMI di Hotel Labersa Pekanbaru, Minggu (22/11/2015).

Menurut Kalla, sejak dulu Kongres HMI memang selalu menghabiskan uang miliar rupiah. Uang tersebut digunakan untuk memenuhi kebutuhan kader HMI seluruh Indonesia selama Kongres berlangsung. Anggaran didapat dari iuran para alumni dan juga bantuan pemerintah.

Karena itu, Kalla meminta publik tidak perlu merespon secara berlebihan penggunaan dana tersebut. Lagi pula kata‎ dia, kucuran dana tersebut juga merupakan investasi daerah bagi generasi muda Indonesia yang tengah belajar berorganisasi di HMI. “Makanya kita harus ucapkan terima kasih kepada pemerintah Riau yang sudah membantu Kongres HMI,”  tegasnya.

NINGSIH

EDITOR : DD BIN