Gerindra : Pemerintahan Era Jokowi Telah Salah Jalankan Program Pembangunan

TANGKASNEWS – Ketua Umum Partai Gerindra Heri Gunawan menyatakan Pemerintahan era Presiden Jokowidodo telah salah dalam menjalankan program pembangunan.

Program pembangunan, imbuhnya, yang dijalankan pemerintah saat ini membuat masyarakat menjadi pasif.

“Program-program yang dimunculkan pun bersifat jangka pendek, miskin pemberdayaan, dan sangat pragmatis. Ujungnya, masyarakat jadi pasif,” terangnya di Gedung Parlemen Senayan Jakarta, Kamis (3/8).

Heri memberikan contoh, Program kartu yang dikeluarkan oleh pemerintah itu kurang begitu jelas. “Tidak ada penjelasan yang konkret akan penggunaan, arah tujuan, dan prosedur penggunaan kartu tersebut, ” paparnya.

“Sama sekali tidak mendidik. Yang penting masyarakat sudah dapat ‘uang duduk’. Semua beres. Segampang itulah pembangunan dijalankan saat ini,” imbuh Anggota Komisi XI DPR ini.

Selain itu Gerindra, terangnya, menilai Rakyat hanya dijadikan Objek proyek oleh pemerintah.

Padahal, jelasnya, dalam UU nomor 25 Tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, misalnya, dibentuk dan mengamanatkan agar masyarakat bisa terlibat aktif dalam pembangunan sejak perencanaannya.

“Namun, dalam praktiknya, jauh dari harapan. Masyarakat hanya jadi pelengkap formalitas proses pembangunan yang telah digariskan. Bahkan, dalam banyak kasus, apa yang dibutuhkan masyarakat, jarang terealisasi,” ungkapnya menjelaskan.

 

Yang paling utama adalah pemerintah hingga kini masih gagal dalam menurunkan angka kemiskinan di Indonesia. Dalam proses pengentasan kemiskinan, misalnya, masyarakat lagi-lagi hanya jadi objek dari “proyek” itu. Hasilnya, yang miskin tetap saja miskin,” sindirnya.

RED
EDITOR : INTAN