Fraksi PDIP DPR dan Wantimpres Tegaskan Presiden Harus Copot Rini Soemarmo

TANGKAS – Tekanan yang dialamatkan kepada Menteri BUMN, Rini Soemarno, makin bergelombang. Kini anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres), Sidarto Danusubroto yang menyasar Rini.

Bersamaan dengan isu reshuffle yang kian hangat, Sidarto melontarkan amunisinya dengan mengatakan seorang menteri harusnya jangan menjadi beban dari Presiden Jokowi.

Meskipun tidak menyebut nama, terlihat jelas bahwa pernyataannya ditujukan kepada Rini. Apalagi Sudarto juga adalah seorang politisi PDI Perjuangan.

“Saya enggak mau sebut nama ya. Yang jelas, jangan sampai menteri jadi beban Presiden,” kata Sidarto di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (10/11).

Dalam melontarkan pernyataannya, Sidarto mengatakan ia merujuk pada sejumlah kritikan dari kedua kubu koalisi, serta pihak-pihak lain yang menyoroti kinerja sang menteri.

“Misalnya, ada wish (permintaan) dari KIH, dari KMP. Kalau dari beberapa fraksi, apalagi mayoritas seperti itu, tentu itu (menteri yang bersangkutan) menjadi beban politik Pak Jokowi,” demikian Sidarto.

Ia makin memperjelas arah sindirannya ketika mengatakan bahwa menteri bersangkutan sudah sering dikritik oleh koleganya di PDIP, seperti Masinton Pasaribu dan Andres Parera.

Adapun Masinton, merupakan salah satu anggota fraksi PDIP DPR RI yang paling getol melontarkan pernyataan soal Rini Soemarno. Dalam banyak kesempatan, Masinton mengatakan Rini harus lengser dari posnya saat ini, Kementerian BUMN.

Agus

EDITOR : DD BNI