Fraksi PDIP Apresiasi Sosialisasi Dana Desa di Jatim

TANGKASNews – Anggota Fraksi PDIP DPR, Eva Sundari menyampaikan apresiasinya atas sosialisasi dana desa yang dilakukan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) kepada Camat dan seluruh kepala desa di Kabupaten Kediri, Jawa Timur.

 

“Maka sepatutnya BPK menggunakan audit kinerja sehingga bisa memfasilitasi pengelolaan keuangan yang output oriented, dan bukan audit keuangan,” ujarnya di Jakarta, Rabu (16/5).

 

Eva memaparkan bahwa dana desa ini bertujuan menggerakkan perekonomian desa untuk mengatasi kemiskinan dan pengangguran.

 

Selain itu , Anggota komisi XI DPR ini menuturkan kesuksesan dana desa wilayah Jawa Tengah seperti di desa Pongok Klaten , berhasil keluar dari desa tertinggal yang diperoleh dari melalui pemberdayaan BUMDES Tirta Mandiri yang bisa mendirikan 9 PT untuk berbisnis dan saham dimiliki oleh warga negara.

 

“BUMDES Tirta Mandiri berpenghasilan 10M di tabun 2017 sehingga punya banyak kesempatan untuk membuat program-program santunan manula, membayar BPJS seluruh warga desa, bedah rumah, maupun subsidi bulanan untuk manula. Tiap warga mendapat tambahan bulanan sekitar Rp 500.000 per bulan dari saham yang dipunyai di salah satu PT milik BumDes Tirta Mandiri,”  paparnya.

 

Red

Editor : Intan