FKMA ASEAN 2018, Presiden Jokowi : Saya Ingatkan Jaga Persatuan

TANGKASNews – “Pada kesempatan baik ini kita dapat bertemu, hadir raja, sultan keraton se-Nusantara. Betapa kita bisa melihat sekarang ini perbedaan kita. Beda agama, adat, tradisi, suku, inilah anugerah yang diberikan Allah kepada kita bangsa Indonesia.”

 

Demikian yang disampaikan Presiden Jokowidodo dalam sambutan di acara Festival Keraton dan Masyarakat Adat (FKMA) ASEAN ke-5 Tahun 2018, alun alun  kabupaten Sumenep, Minggu (28/10).

 

Untuk itu, dalam sambutannya Kepala Negara mengajak  semua pihak untuk terus menjaga, memelihara, dan merawat rasa persatuan, persaudaraan, dan kerukunan antarsesama anak bangsa. Karena menurutnya, tiga hal tersebut merupakan aset terbesar bangsa Indonesia.

 

Presiden Jokowi menekankan dari perbedaan tersebut  akan jadi potensi dan kekuatan apabila bangsa Indonesia bersatu dan rukun.

 

“Kemajuan harus terus berakar pada kearifan lokal. Saya ingatkan jaga persatuan. Jangan terjebak pada ujaran kebencian, fitnah, hoaks. Itu tidak diajarkan nenek moyang, leluhur, para sultan dan kerajaan kita yang lalu. Mari majukan peradaban yang terhormat dan beradab,” paparnya.

 

 

“Jangan sampai Indonesia maju dalam teknologi tapi mundur dalam kebudayaan, peradaban. Jangan sampai terjadi,” tegasnya.

 

Tampak mendampingi Presiden Jokowi dalam acara tersebut, Ibu Negara Iriana Jokowi yang bersamaan mengenakan pakaian adat jawa.

 

Sedangkan , Presiden Jokowi mengenakan pakaian khas raja Jawa lengkap dengan mahkota dan beskap berwarna hitam bercorak keemasan.

 

Perlu diketahui, Gelar FKMA 2018 ini akan berlangsung  dari tanggal 27 hingga 31 Oktober 2018.

 

Red

Editor : Intan