Fadli Zon Sebut Era Jokowi, Demokrasi Indonesia Mengalami Kemunduran Memalukan

TANGKASNews – “Ini ironi perkembangan politik di era pemerintahan Presiden Jokowi, Demokrasi Indonesia mengalami kemunduran memalukan, apalagi kini menjelang diselenggarakannya pemilu serentak 2019. ”

 

Demikian yang disampaikan Wakil ketua DPR, Fadli Zon dalam akun medsosnya di hari pertama Tahun 2019, Selasa (1/1).

 

Hal ini diutarakan , Fadli menilai indeks demokrasi Timor Leste jauh lebih maju setelah hengkang dari NKRI.

 

“Berdasarkan data The Economist Intelligence (EIU), peringkat demokrasi Indonesia 2018 berada di posisi 68 atau terjun bebas 20 peringkat dibandingkan dengan 2016 yang menempati posisi 48,” ujarnya.

 

“Lebih menyedihkan lagi, peringkat demokrasi kita bahkan lebih buruk dari Timor Leste yg ada di urutan 43 secara global,” sambungnya.

 

Selain itu, Sekjen Gerindra ini juga mengatakan terkait prihal keluhan masyarakat bawah di antaranya soal persekusi terhadap ulama yang kritis maupun keluhan adanya upaya pembungkaman dan kriminalisasi terhadap tokoh-tokoh oposisi.

 

“Semua itu telah membuat kita kembali mundur dalam berdemokrasi. Sehingga, jangan heran jika turunnya kebebasan sipil dam defisitnya demokrasi kita, akibat dari kontrol dan pembatasan kebebasan berpendapat oleh pemerintah. Itu semua fakta yang sulit disangka,” pungkasnya.

 

Red

Editor : Intan