Erupsi Gunung Agung, Kunjungan Wisma Ke Bali Masih Tumbuh Positif

TANGKASNews – Berdasarkan data Pusat Vulkanologi Mitisigasi Bencana Geologi (PVMBG),  pada hari Senin (2/7) pagi Gunung Agung mengalami letusan sebanyak tiga kali .

 

Suara letusan Gunung Agung tersebut terjadi sekitar pukul 06:19 Wita, 06:41 Wita, dan 06:55 Wita dengan tinggi kolom abu mencapai 2.000 meter di atas puncak kawah.

 

Kendati demikian , Kepala pusat vulkanologi dan mitigasi bencana geologi (PVMBG) Kasbani menyampaikan sejak 27 Juni lalu hingga kini, status Gunung Agung masih berada di level III siaga.

 

“Dari 27 Juni hingga 2 Juli 2018 pukul 09:00 Wita, ketinggian kolom erupsi (gas dan abu) cenderung menurun namun tidak terlalu signifikan yaitu dari 2.500 meter di atas puncak menjadi pada kisaran 200-2.000 meter di atas puncak,” jelasnya.

 

Sedangkan Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suhariyanto meskipun Gunung agung tengah mengalami proses erupsi, kunjungan wisatawan ke Bali masih normal dan tidak terganggu.

 

“Saya masih optimis ya, kemarin kan memang Gunung Agung menjadi kendala masalah, tapi kemudian kan sudah beres semua ya. Kalau dilihat trennya memang biasanya Juli Agustus sampai Desember itu akan naik,”  paparnya di Jakarta di hari yang sama.

 

Untuk itu BPS, tegasnya merasa optimis pertumbuhan kunjungan Wisman ke Bali masih tumbuh positif hingga akhir tahun 2018 mendatang. Karena menurutnya periode Juli Desember merupakan musim liburan bagi para wisman .

 

“Jadi saya sangat optimis masih akan naik lah di sana, nggak akan berpengaruh banyak,”pungkasnya.

 

Red

Editor : Intan