Era Jokowi, Indonesia Kembangkan Kapal Listrik Nelayan

TANGKASNews – Era kepemimpinan Presiden Jokowi, pertumbuhan industri di tanah air menunjukan perkembangan yang signifikan dengan melahirkan produk produk terbaru karya anak bangsa , seperti Mobil Listrik, Sepeda Listrik, Kendaraan Pedesaan, Mobil Nasional Esemka, dan hingga Kapal Listrik Nelayan .

 

Khususnya Kapal Listrik , karya anak bangsa ini dibuat oleh Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya mengembangkan kapal listrik untuk nelayan di kawasan Sumatera sebagai tindak lanjut penandatanganan kesepakatan dengan PT PLN (Persero) Regional Sumatera.

 

Menurut penjelasan Kepala Badan Pengembangan dan Pengelola Usaha (BPPU) ITS Dr I Ketut Gunarta di Surabaya, Senin (29/1) mengutarakan pengembangan Kapal Listrik ini sesuai dengan Kompetensi ITS di sektor kemarimtiman.

 

“Sudah ada pengembangan mobil dan sepeda motor listrik. Justru potensial dikembangkan dan hambatannya sedikit seperti yang disampaikan Direktur PLN adalah kapal atau saya menyebutnya perahu listrik yang tidak hanya untuk pariwisata tapi untuk monitor banyak hal,” papar Ketut Gunartha.

 

Ketut Gunartha menjelaskan pengembangan Kapal Listrik ini sangat potensial baik untuk para nelayan didasari adanya stok listik Indonesia ini yamg cukup banyak .

 

“ITS jagonya di sini, kita akan mengembangkan lebih intens dengan bantuan PLN. Kapal itu bisa untuk pariwisata, kemudian nelayan bisa. Butuh rantai pasok yang lebih kuat lagi agar bisa berlayar sampai ke tengah lewat dari Zona Ekonomi Ekslusif (ZEE),”paparnya.

 

ITS, tegasnya, sangat optimis pengembangan Kapal Listrik Nelayan ini akan berhasil dan berjalan lancar , karena kampus negeri di Surabaya ini mempunyai  jurusan yang mendukung seperti Sistem Perkapalan atau Kelautan dan juga Tenik Elektro untuk pengembangan bisnisnya.

 

Red

Editor : Intan