Ekonom Bali : Selamat, Indonesia Masuk 16 Besar Klub Negara Elite Dunia

TANGKASNews – Menjadi kebanggaan kita semua dan patut diapresiasi era Presiden Jokowidodo, Indonesia berhasil masuk peringkat ke 16 sebagai Negara Elite di bidang Ekonomi. ” Selamat Untuk Indonesia, Terima Kasih Presiden Jokowi.”

 

Demikian yang disampaikan Ekonom Bali , Putu Yulia S dalam keterangan tertulisnya, Rabu (31/1).

 

Yulia menjelaskan di Tahun 2017 , Indonesia berhasil masuk peringkat ke 16  dalam klub dari negara-negara dengan Growth Domestic Product (GDP) atau Produk Domestik Bruto (PDB) dengan angka menunjukan besaran lebih dari US$1 trilyun per tahun.

 

Indonesia , imbuhnya, ditengah krisis global tahun lalu mampu menjaga kestabilan kondisi perekonomian nasional. “Krisis Global 2017 tidak mempengaruhi situasi perekonomian nasional.,” terangnya.

 

Peringkat ke 16 ini, tutur Yulia, dipastikandinilai  atas capaian perekonomian Indonesia hingga akhir tahun 2017.  ” Indonesia masuk klub negara elite dunia ini tercatat tahun 2017 setelah Australia, ” jelasnya.

 

“Sedangkan peringkat pertama dalam klub negara elite ini adalah Amerika Serikat dicapai pada tahun 1970, disusul Japan tahun 1979, dan Perancis pada tahun 1988, ” imbuh Yulia menjelaskan.

 

PDB, papar Yulia, merupakan nilai pasar semua barang dan jasa yang diproduksi oleh suatu negara pada periode tertentu. “PDB Menjadi alat tolak ukur menghitung tinggi rendahnya pendapatan nasional, ” tegasnya .

 

Red

Editor : Intan