Ekonom Bali : Menguatnya Dollar Sangat Menguntungkan APBN

TANGKASNews – Pakar Ekonomi asal Bali, Putu Yulia menyampaikan sangat beruntung adanya nilai dolar yang semakin menguat dengan income pemerintah.

 

Yulia menyatakan menguatnya Dollar saat ini sangat menguntungkan bagi APBN .

 

“APBN sekarang jelas hanya memikirkan kepentingan pemerintahan semata, yakni penerimaan pemerintah dari pajak, non pajak, royalti, bagi hasil Sumber Daya Alam (SDA) termasuk utang,” paparnya dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (28/7).

 

Yulia menjelaskan ada beberapa profit yang didapatkan pemerintah saat ini akan menguatnya nilai dollar, diantaranya, Pertama , penerimaan pajak dan royalti dari perusahaan ekspor sumber daya alam sudah pasti naik karena revenue perusahaan naik.

 

Kedua, imbuhnya, penerimaan bagi hasil dari ekspor minyak mentah pasti naik bahkan doble dari peningkatan harga minyak dan peningkatan dolar itu sendiri.

 

Sedangkan Ketiga, tutur Yulia, penerimaan pajak bea masuk sudah pasti naik.

 

“Terakhir adalah penerimaan utang dari donor ketika dikonversi ke dalam rupiah akan naik berkali kali lipat,” jelasnya.

 

Kendati demikian, Yulia mengatakan ada sisi negatif yang akan ditimbulkan menguatnya nilai dolar. ” Terutama berpengaruh terhadap BUMN dan Utang Pemerintah,” ucapnya.

 

Terkait Utang Pemerintah, Yulia menuturkan pihak berwenang seperti Kementerian Keuangan tinggal menambah utang ke pihak Asing.

 

Sedangkan prihal BUMN, tegas Yulia, pihak bersangkutan tinggal menjual aset aset dalam Badan Milik Negara tersebut. “Karena Semakin banyak aset yang dijual maka peneriman pemerintah dari pajak dan penjualan aset akan semakin besar,” pungkasnya.

 

Gung Intan

Tangkas Bali