Ekonom Bali : Luncurkan Intensif Pajak, Bukti Peduli Presiden Jokowi Terhadap UMKM

TANGKASNews – ” Terima Kasih Bapak Presiden Jokowidodo yang telah berpihak kepada para pelaku UMKM di Indonesia dengan meringankan beban pajak.”

 

Demikian yang disampaikan Pengamat Ekonomi asal Bali (Ekonom Bali), Putu Yulia S dalam keterangannya di Denpasar, Sabtu (23/6).

 

Yulia menuturkan dengan diluncurkannya insentif pajak penghasilan (PPh) final bagi pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) sebesar 0,5 persen oleh Presiden Jokowi kemarin, Jumat di Suarabaya menjadi bukti konkret dari Kepala Negara dalam memberikan perhatian khusus terhadap pelaku UMKM di tanah air.

 

Perlu diketahui, peluncuran Kebijakan ini merupakan buah revisi atas Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 46 Tahun 2013 tentang Pajak Penghasilan atas Penghasilan Dari Usaha yang Diterima atau Diperoleh Wajib Pajak yang Memiliki Peredaran Bruto Tertentu.

 

Lebih lanjut, Yulia menjelaskan melalui kebijakan baru pemerintah ini para pelaku UMKM akan memperoleh kemudahan perpajakan, melainkan juga terhadap perizinan, akses perbankan dan pasar termasuk ekspor.

 

“Penurunan tarif pajak dari 1 persen menjadi 0,5 persen akan membuat arus kas usaha UMKM lebih terjaga dan bisa mengembangkan usaha, ” sambung sahabat dari Ibu Menteri Koperasi dan UKM, Bintang Puspayoga ini.

 

Selain itu, Yulia menegaskan dengan peluncuran intensif ini, dipastikan pelaku UMKM tanah air ini akan kian  proaktif menjadi Wajib Pajak. “Pemerintah juga memberikan fasilitas perpajakan berupa tax holiday dan tax allowance agar industri tumbuh dan perekonomian bergerak. Dan tidak ketinggalan, untuk para pelaku UKM Pemerintah juga memberikan berbagai kemudahan di bidang perpajakan,” tutupnya.

 

Sebelumnya, Presiden Jokowi dalam sambutannya menyampaikan bahwa insentif pajak UMKM bertujuan agar pengusaha mikro bisa tumbuh melompat menjadi usaha kecil, kemudian menjadi menengah dan menjadi lebih besar lagi.

 

“Tujuan kami meringankan pajak sehingga usaha mikro dapat tumbuh jadi usaha kecil. Usaha kecil, meloncat lagi usaha menengah. Usaha menengah, jadi usaha yang lebih besar,”terang Kepala Negara.

 

Red

Editor : Intan