Ekonom Bali : Era Jokowi Catat Prestasi Gemilang, Pelemahan Rupiah Hanya Kisaran 1000an

TANGKASNews – ” Pelemahan nilai kurs Rupiah era pemerintahan Jokowidodo mencatat prestasi yang gemilang, karena hanya mengalami pelemahan Rp 1000 ( seribu rupiah an saja ). ”

 

Demikian yang disampaikan Pengamat Ekonomi (ekonom) asal Bali, Putu Yulia S dalam keterangan tertulisnya pada pagi ini, Rabu (15/8).

 

Yulia menambahkan krisis rupiah era Jokowi jauh berbeda saat era orde Baru.

 

“Kurs rupiah itu tahun ini hanya melemah Rp 1.000 dari Rp 1.3700 menjadi Rp 14.600 sekian jadi kalo dihitung-hitung itu seribu, ini beda dengan (kondisi krisis) 97 – 98 (ketika 97-98), Rupiah itu loncat dari Rp 2.300 menjadi Rp. 15.000 ini yg kita harus sosialisasikan pada masyarakat,” ¬†paparnya.

 

Krisis Rupiah era 98, sambungnya, tampak drastis hingga mencapai enam kali lipat.

 

Selain itu, Yulia juga mengungkapkan kondisi perbankan era Jokowi saat ini sangt sehat ketimbang era orde Baru yang banyak mengalami kolap dan merger. ” Kondisi perbankan era Jokowi meski dibatasi namun mempunyai kondisi yang sangat sehat, ” ucapnya.

 

Kembali prihal Kurs Rupiah, Yulia mengatakan terpuruknya nilau Rupiah saat ini karena dipengaruhi kondisi dunia seperti halnya adanya kenaikan harga minyak, Trade World dan pengaruh terpuruknya Lira ( Faktor Turkey) .

 

” Rupiah dipastikan akan kembali bertengger di angka 13 ribu jika masalah eksternal ini dapat diatasi dengan baik, ” pungkasnya.

 

Red

Editor : Intan