Dubes Malaysia Kukuhkan Paskibraka Kuala Lumpur Binaan Athan RI

TANGKAS – Duta Besar RI untuk Malaysia Masekal (Purn) Herman Prayitno mengukuhkan siswa-siswi Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIKL) yang terpilih sebagai anggota Paskibraka KBRI Kuala Lumpur tahun 2016.

Asisten Athan RI di Kuala Lumpur, Mayor Chb Sandy Maulana Prakasa, S.IKom menuturkan , Kamis (18/8) bahwa Dalam sambutannya Duta Besar RI menyampaikan bahwa siswa-siswi anggota Paskibraka patut bangga terpilih mengemban kepercayaan untuk melaksanakan tugas bersejarah pada tanggal 17 Agustus 2016. Oleh karenanya Duta Besar RI meminta untuk dapat mempertanggungjawabkan kepercayaan tersebut dengan melaksanakan tugas dengan sebaik mungkin.

Setiap tahunnya, di bawah koordinasi Kantor Atase Pertahanan (Athan) RI, KBRI Kuala Lumpur melakukan seleksi anggota Paskibraka. Untuk penyeleksian ini dilaksanakan secara bertahap mengikuti tahapan pelaksanaan sebagaimana seleksi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) di tingkat nasional. Selanjutnya para anggota Paskibraka yang lulus seleksi mendapatkan pembinaan dan pelatihan intensif dari Kantor Athan RI bekerja sama dengan pihak Sekolah Indonesia di Kuala Lumpur

Menurut Asisten Atase Pertahanan KBRI Kuala Lumpur, Mayor Chb Sandy M. Prakasa, S.IKom anggota Paskibraka KBRI Kuala Lumpur yang diseleksi pada tahun ini adalah sepenuhnya siswa-siswi dari Sekolah Indonesia Kuala Lumpur. “Di masa yang akan datang, tidak menutup kemungkinan terbuka kesempatan bagi anak Indonesia lainnya yang berada atau tinggal di Kuala Lumpur dan sekitarnya untuk dapat mengikuti seleksi sebagai anggota Paskibraka”, tegasnya. Lebih lanjut Perwira lulusan Akmil tahun 1997 ini juga menyampaikan bahwa eksistensi Paskibraka KBRI Kuala Lumpur telah diakui oleh Kemenpora, khususnya oleh Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kemenpora sejak tahun lalu pada saat kunjungan Purna Paskibraka Nasional ke Kuala Lumpur. Bahkan jika tidak ada kendala, menurut keterangan yang disampaikan oleh Bapak Deputi tersebut, mulai tahun depan akan diupayakan untuk menyeleksi Putra-putri WNI yang tinggal atau berada di luar negeri khususnya di kantong-kantong dimana masyarakat Indonesia banyak berdomisili seperti halnya di Kuala Lumpur.

Sementara untuk upacara Bendera peringatan Hari Ulang Tahun RI ke-71 yang jatuh pada hari Rabu 17 Agustus 2016 akan dimulai pada pukul 08.00 waktu setempat. Bertindak selaku Inspektur Upacara pada Upacara Peringatan Proklamasi kemerdekaan ke-71 Republik Indonesia kali ini adalah Dubes RI untuk Malaysia Marsekal (Purn) Herman Prayitno dan Komandan Upacara adalah Mayor Lek Bambang Budi Prayogo.

Selepas upacara, acara akan dilanjutkan dengan foto bersama para peserta upacara dengan petugas upacara termasuk Paskibraka, pemotongan tumpeng, silaturahmi dan menikmati hidangan bersama serta acara hiburan oleh Firman Idol dan band ternama asal Indonesia. Sekitar 300-400 WNI yang tinggal di Kuala Lumpur dan sekitarnya diperkirakan akan menghadiri upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI yang ke -71 ini.

RED

EDITOR : INTAN