DPR : Tidak Ada Yang Perlu Dikawatirkan Dengan UU MD3

TANGKASNews – Dewan Perwakilan Rakyat menyatakan tidak ada yang perlu dikawatirkan dalam UU MD3.

 

Maka dari itu , Ketua DPR Bambang Soesatyo alias Bamsoet mengatakan pihaknya sependapat dengan Presiden Jokowidodo agar tidak menerbitkan Perppu UU MD3.

 

“Saya sepakat dengan Presiden bahwa ini tidak perlu untuk dikeluarkan Perppu. Presiden sudah mengatakan belum berpikir arau tidak berpikir untuk keluarkan Perppu. Saya pikir pemikiran presiden sama dengan kami di DPR. Karena tidak ada kegentingan yang memaksa. Kecuali hanya perasaan-perasaan saja,” terangnya di Gedung ¬†Parlemen Senayan Jakarta, Kamis (22/2).

 

DPR , ujarnya menyerahkan sepenuhnya kepada Presiden Jokowi terkait diterima atau tidaknya UU MD3 yang telah disahkan dalam sidang Paripurna. “Tapi yang pasti UU kita mengatur manakala presiden tidak tanda tangan maka dalam waktu 30 hari UU itu berlaku dan mengikat,” tegasnya.

 

Selain itu DPR, imbuhnya tidak melarang warga untuk mengajukan Judicial Review ke MK jika ada pasal yang tidak sesuai ataupun bertentangan. “Nah sebagai warga negara yang baik siapapun yang memiliki penilaian bahwa UU itu ada penyimpangan atau tidak sesuai ya silahkan di gugat di MK. MK akan melakukan uji materi apakah UU ini sesuai dengan UU dasar 45 atau tidak. Yaitu karena itu MK patokannya adalah filossi semangat UU dasar 45,” ¬†jelasnya.

 

Red

Editor : Intan